Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/925
Title: Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu
Authors: A'la, Ibrahim Maulana Syahid Nur
Keywords: Upaya Guru
Pembentukan Akhlak
Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an
Extracurricular Reading Write Qur'anic
Teacher Effort
Issue Date: 18-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an di MAN Kota Batu merupakan jam tambahan dalam sekolah, agar siswa memiliki kemampuan lebih dalam memahami al-Qur‟an yang merupakan inti dari ajaran Agama. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara dalam mencapai tujuan dan visi sekolah MAN Kota Batu yaitu mencetak alumni yang berakhlak karimah dan berjiwa Qur‟ani. Adapun penelitian ini berfokus pada bentuk kegiatan ekstrakurikuler baca alQuran di MAN Kota Batu, serta implementasi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di MAN Kota Batu dan upaya guru dalam pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di MAN Kota Batu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data mengacu pada model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangankan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukan bawa terdapat tiga bentuk dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur‟an diklasifikasikan berdasarkan kemampuan siswa dalam menguasai al-Qur‟an yaitu tingkat ula (dasar) dengan metode sorogan, wustho (pertengahan) menerapkan kolaborasi metode sorogan dan mushafahah dan ‘ulya (atas) menggunakan metode mushafahah. Sedangkan implementasi pembentukan akhlak pada kegiatan ini mengacu pada komponen pembelajaran yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, penutup. pada proses pembelajaran menekankan aspek moral dan norma yang terencana seperti memberikan motivasi, pentingnya adab membaca al-Qur‟an, kisah-kisah inspiratif seputar al-Qur‟an. Adapun upaya guru dalam pembentukan akhlak pada kegiatan ini .
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/925
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601011108_IBRAHIM MAULANA SYAHID NUR A'LA.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.