Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an di MAN Kota Batu
merupakan jam tambahan dalam sekolah, agar siswa memiliki kemampuan lebih
dalam memahami al-Qur‟an yang merupakan inti dari ajaran Agama. Kegiatan ini
juga merupakan salah satu cara dalam mencapai tujuan dan visi sekolah MAN
Kota Batu yaitu mencetak alumni yang berakhlak karimah dan berjiwa Qur‟ani.
Adapun penelitian ini berfokus pada bentuk kegiatan ekstrakurikuler baca alQuran di MAN Kota Batu, serta implementasi pembentukan akhlak siswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di MAN Kota Batu dan upaya guru dalam
pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di
MAN Kota Batu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis
analisis data mengacu pada model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangankan
pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi
dan member chek.
Hasil penelitian ini menunjukan bawa terdapat tiga bentuk dalam
kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur‟an diklasifikasikan berdasarkan
kemampuan siswa dalam menguasai al-Qur‟an yaitu tingkat ula (dasar) dengan
metode sorogan, wustho (pertengahan) menerapkan kolaborasi metode sorogan
dan mushafahah dan ‘ulya (atas) menggunakan metode mushafahah. Sedangkan
implementasi pembentukan akhlak pada kegiatan ini mengacu pada komponen
pembelajaran yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, penutup. pada proses
pembelajaran menekankan aspek moral dan norma yang terencana seperti
memberikan motivasi, pentingnya adab membaca al-Qur‟an, kisah-kisah inspiratif
seputar al-Qur‟an. Adapun upaya guru dalam pembentukan akhlak pada kegiatan
ini .