View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka (1.611Mb)
Date
2020-06-18
Author
A'la, Ibrahim Maulana Syahid Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an di MAN Kota Batu merupakan jam tambahan dalam sekolah, agar siswa memiliki kemampuan lebih dalam memahami al-Qur‟an yang merupakan inti dari ajaran Agama. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara dalam mencapai tujuan dan visi sekolah MAN Kota Batu yaitu mencetak alumni yang berakhlak karimah dan berjiwa Qur‟ani. Adapun penelitian ini berfokus pada bentuk kegiatan ekstrakurikuler baca alQuran di MAN Kota Batu, serta implementasi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di MAN Kota Batu dan upaya guru dalam pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler baca al-Quran di MAN Kota Batu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data mengacu pada model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangankan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukan bawa terdapat tiga bentuk dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur‟an diklasifikasikan berdasarkan kemampuan siswa dalam menguasai al-Qur‟an yaitu tingkat ula (dasar) dengan metode sorogan, wustho (pertengahan) menerapkan kolaborasi metode sorogan dan mushafahah dan ‘ulya (atas) menggunakan metode mushafahah. Sedangkan implementasi pembentukan akhlak pada kegiatan ini mengacu pada komponen pembelajaran yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, penutup. pada proses pembelajaran menekankan aspek moral dan norma yang terencana seperti memberikan motivasi, pentingnya adab membaca al-Qur‟an, kisah-kisah inspiratif seputar al-Qur‟an. Adapun upaya guru dalam pembentukan akhlak pada kegiatan ini .
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/925
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group