Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9452
Title: Model Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan
Authors: Suryani, Lilis
Keywords: Model PAI Kurikulum Merdeka
Budaya Religius
Issue Date: 30-Dec-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Budaya religius di sekolah atau madrasah yang lahir dan ditranmisikan bersama, mulai dari kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, stakeholder dan sebagainya, yang dilandasi oleh keimanan kepada Tuhan, sehingga pemikiran perbuatan dan pembiasaan civitas sekolah atau madrasah akan selalu berlandaskan pada keimanan dan terpancar pada pribadi dan perilaku sehari-hari. Keberagaman atau religiusitas diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Aktivitas beragama tidak hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual (beribadah), tetapi juga ketika melakukan aktivitas lain yang didorong oleh kekuatan supranatural. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak dan terjadi dalam hati seseorang. Karena itu keberagaman seseorang akan meliputi berbagai macam sisi atau dimensi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpalan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Apa budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabutaen Pasuruan, 2) bagaimana implementasi pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan, 3) bagaimana model pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan model dan tindak lanjut dari kegiatan guru dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius dilakukan melalui kegiatan yang juga mencakup spiritual dan pendidikan religi, anak tidak hanya mendapatkan tentang ilmu Agama disekolah melainkan mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun bentuk kegiatan religi yang ada di SMKN 1 Gempol meliputi, pembacaan istighotsah yang dilakukan setiap hari senin pagi yang dilanjut dengan kultum oleh guru PAI, disini dengan tujuan memohon pertolongan dari Allah dan mendekatkan diri kepada Allah. Implementasi kegiatan tersebut sudah melaksanakan sesuai prosedur yang dibuat dalam perencanaan, pada pelaksanaanya didukung dengan sarana seperti, musholla, halaman sekolah dan kelas adapun beberapa metode yang dipakai oleh guru yaitu metode, kebiasaan, kedisiplinan, keteladanan. Model dan tindak lanjut yang dilakukan guru dalam merancang kegiatan budaya religius yaitu melalui kegiatan yang dilaksanakan guru PAI, adapun kegiatan yang dibuat oleh guru PAI sendiri yang mana kegiatan tersebut meliputi kegiatan mingguan, harian, bulanan
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9452
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MODEL PEMBELAJARAN PAI KURIKULUM MERDEKA.pdf
  Restricted Access
2.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_FAI_22102011010_LILIS SURYANI.pdf1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.