Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9454
Title: Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Di SMAN 3 Malang
Authors: Galela, Afrizal
Keywords: Internalisasi
Profil Pelajar Pancasila
Issue Date: 7-Feb-2024
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar bangsa Indonesia sebagai sosok yang memegang teguh prinsip pelajar sepanjang hayat, dimana memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila dengan 6 dimensi diantaranya: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi, fenomenanya generasi muda adalah ladang investasi yang paling mudah untuk dipengaruhi dengan ideologi intoleransi atau anti pancasila. Tujuan peniliatn adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi internalisasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama islaam untuk meningkatkan keterampilan abad 21 di SMAN 3 Malang. Peneliti sendiri menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus, yakni strategi penelitian yang di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Untuk dapat memperoleh data dan informasi sebagai bahan utama yang sangat relevan dan objektiv, maka dalam penelitin ini tentunya menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahap pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan penelitian yang pertama mencakup aspek perencanaan berupa Guru PAI di SMAN 3 Malang berhasil menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Perencanaan mencakup pemilihan tema, dimensi pembelajaran, alokasi waktu, dan strategi evaluasi yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal pelaksanaanya dimensi pembelajaran dirancang untuk mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik guna mendukung pengembangan keterampilan abad 21. Sedangkan dalam hal evaluasi, Proses evaluasi mencakup penilaian beragam seperti ujian, proyek kolaboratif, dan refleksi, yang diarahkan untuk mengukur perkembangan keterampilan abad 21 siswa
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9454
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM.pdf
  Restricted Access
4.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_Magister Pendidikan Agama Islam_22202011024_Afrizal Galela.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.