Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/956
Title: Efektivitas Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk)
Authors: Shofia, Aina Khilya Isna
Keywords: Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi Publik
Efektivitas
Pelayanan Kesehatan
Kepuasan Masyarakat
Issue Date: 18-Apr-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifnya pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, (3) indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk sudah baik, pasien yang datang rata-rata sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tanjunganom. (2) Faktor pendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk adalah tidak ada perlakuan maupun perbedaan pelayanan, sarana prasarana yang mendukung, dan letak Puskesmas yang dapat dikatakan cukup strategis, sedangkan faktor penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Nganjuk adalah lamanya antrian untuk pelayanan di loket dan masih kurangnya lahan parkir di area Puskesmas Tanjunganom. (3) Untuk mengukur kepuasan masyarakat dengan empat indikator, pertama mendapatkan pelayanan yang baik, kedua menyelesaikan tugas yang dilakukan dengan cepat, ketiga petugas memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, dan keempat merespon/menanggapi dengan baik keluhan pasien. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Masyarakat
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/956
Appears in Collections:UT - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FIA_21601091079_AINA KHILYA ISNA SHOFIA.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.