Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9752
Title: Manajemen Pondok Pesantren Modern Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Studi Kasus Di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek Tangerang Banten
Authors: Maulana, Ade Irfan
Keywords: Multikultural
Pondok Pesantren
Issue Date: 13-May-2024
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Riset ini berdasar pada masalah banyaknya masyarakat bahwa tugas pondok pesantren hanya persoalan ta’dib dan ta’lim dalam proses belajar mengajar saja, padahal persoalan ta’dib dan ta’lim dalam proses belajar mengajar tersebut dapat dicapai secara maksimal, pengelola pondok pesantren atau madrasah wajib hukumnya melaklukan manajemen dengan baik, dengan implementasi fungsi-fungsi manajamen dalam persoalan manajemen kurikulum, manajemen tatalaksana, manajemen organisasi, manajemen siswa, manajemen hubungan masyarakat (HUMAS) dan , manajemen sarana-prasarana. Berdasarkan gap tersebut,maka riset ini bertujuan untuk memberikan deskripsi, analisis dan interpretasi terhadap manajemen berbasis nilai Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek Tangerang Banten dengan pertanyaan riset : 1) Bagaimana penerapan manajemen berbasis nilai pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek Tangerang Banten, 2) Bagaimana dampak penerapan manajemen berbasis pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek Tangerang Banten, 3) apa kendala dan hambatan pada manajemen berbasis nilai pendidikan Islam multikultural di pondok pesantren modern subulussalam Berdasarkan pertanyaan riset, maka metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Lokus penelitian dipilih di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek Tangerang Banten dengan sample penelitian berupa pimpinan pondok, direktur Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyyah (KMI), majlis pengasuhan santri dan santri. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik purposive dan snowball sampling. Pengmpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman. Teknik Analisis Kualitatif Miles dan Huberman dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menampilakan data, mengondensasikan data dan selanjutnya menarik kesimpuan. Data yang telah dianalisis diverivikasi kebenaran dan keabsahannya dengan triangulasi.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9752
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MANAJEMEN BERBASIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL.pdf
  Restricted Access
3.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_MPAI_22202011031_Ade Irfan Maulana.pdf1.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.