Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyanto, Bagus
dc.contributor.author Maghfirah, Masyinta
dc.contributor.author Hamidah, Nur
dc.date.accessioned 2021-11-24T02:57:28Z
dc.date.available 2021-11-24T02:57:28Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2621-895X
dc.identifier.uri http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/508
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2620
dc.description [ARCHIVES] Copyright Articles from : At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 membawa dampak besar terhadap praktik pembelajaran yang beralih menggunakan metode online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, dan strategi sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di kelas III SD Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan platform dan aplikasi berbasis online yaitu Microsoft Teams. Guru melakukan virtual meeting di awal pembelajaran untuk menyampaikan materi, kemudian memanfaatkan Youtube dan Whatsapp untuk penguatan materi, penugasan, dan penilaian. Kendala-kendala yang muncul diantaranya (a) tidak semua siswa menggunakan handphone secara mandiri, (b) adanya orang tua yang belum mampu mendampingi belajar siswa dengan maksimal, (c) jaringan internet yang kurang stabil, dan (d) terbatasnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran daring, sehingga guru kesulitan untuk memantau sikap siswa saat belajar dirumah. Langkah strategis yang sudah dilakukan sekolah yaitu (a) peningkatan kapasitas guru dalam penguasaan teknologi digital, (b) penggunaan media pembelajaran daring yang lebih variatif dan interaktif untuk mengurangi kebosanan belajar siswa, (c) mengupayakan peyampaian materi kepada siswa sehari sebelum pembelajaran, dan (d) melibatkan orang tua siswa secara intensif untuk komunikasi dan koordinasi dalam upaya membantu mengawasi dan mendampingi belajar siswa di rumah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Lamongan en_US
dc.relation.ispartofseries At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;Vol 5, No 1, 32-43
dc.subject Pembelajaran Online en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.subject Sekolah Dasar en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account