Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Siswa dari Radikalisme Keagamaan di SMA Islam Almaarif Singosari
Abstract
Marak terjadinya kasus deskriminasi, anarkis dan kekerasan di lingkungan sekolah tak terlepas dari adanya pemahaman – pemahaman yang radikal pada diri siswa sehingga menciptakan tindakan intoleran. Pentingnya mengatasi radikalisme di lingkungan sekolah. Karena, Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka sekolah dan lembaga pendidikan berpotensi sebagai penyebar benih terbentuknya sikap radikalisme keagamaan. Dan juga nantinya dapat menganggu keharmonisan ukhuwah islamiyah yang telah dibangun baik oleh sekolah melalui siswa, guru dan warga sekolah.
Berdasarkan urgensi dan latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah yaitu tentang perencanaan penanggulangan radikalisme keagamaan, pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam penanggulangan radikalisme keagamaan, dan evaluasi penanggulangan radikalisme keagamaan. Tujuan yang dibuat peneliti adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penanggulangan siswa dari radikalisme keagamaan di SMA Islam Almaarif Singosari.
Agar tercapainya tujuan yang telah dipaparkan, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan terjun ke objek penelitian dengan menggunakan metode observasi yakni melakukan pengamatan aktivitas fenomena yang dilakukan secara sistematis. Metode wawancara yakni pengumpulan data yang dilakukan melalui sistem tanya jawab terhadap narasumber yang terkait pada objek penelitian. Metode dokumentasi yakni mencari data melalui beberapa sumber seperti arsip, catatan, buku – buku dan sebagainya.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti sebagai berikut : (1) perencanaan penanggulanga radikalisme keagamaan di SMA Islam Almaarif Singosari dengan membuat kegiatan keagamaan berupa pembelajaran PAI berbasis anti radikalisme, peningkatan keagamaan melalui rohani Islam, dan pembacaan maulid diba’i. (2) pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi radikalisme keagamaan di SMA Islam Almaarif Singosari dengan menanamkan nilali – nilai Islam rahmatan lil alamin, membiasakan siswa terhadap amalan – amalan ahlussunnah wal jamaah, dan mengajari siswa tentang nilai – nilai aswaja. (3) evaluasi penanggulangan radikalisme keagamaan di SMA Islam Almaarif Singosari dengan kegiatan test dan non test keagamaan, dan rapat dalam evaluasi perkembangan siswa.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, dan Radikalisme Keagamaan