Penggunaan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Fiqih Shalat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Karangploso
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Sekolah menengah pertama negeri 05 Karangploso. Penelitian ini di latar belakangi karena kurangnya semangat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif dari guru. Sehingga perlu adanya peningkatan pada penggunaan media pembelajaran untuk lebih kreatif seperti penggunaan media Ular tangga.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni 1). bagaimana langkah-langkah Penggunaan media ular tangga, 2).bagaimana proses pelaksanaan Penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Sekolah Menengah pertama negeri 05 Karangploso,3).bagaimana implikasi Penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah pertama negeri 05 Karangploso.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkah- langkah Penggunaan media ular tangga, pelaksanaan Penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah pertama negeri 05 Karangploso, serta implikasi Penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah pertama negeri 05 Karangploso.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena untuk memperoleh informasi secara rinci dan lengkap dengan melalui perolehan data yang tertulis atau pun lisan dari beberapa narasumber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian,yang didapatkan adalah: 1).Bagaimana Langkah-langkah penggunaan media ular tangga dalam proses pembelajaran sudah sangat baik, hal ini tersebut ditunjukkan dengan pemahaman yang baik tentang media ular tangga,perencanaan guru dan Menyusun perangkat pembelajaran sebelum menggunakan media ular tangga yang dilakukan dengan peserta didik dapat memahami alur penggunaan media ular tangga dengan sangat baik dan terstruktur. 2)Proses penggunaan media ular tangga menghasilkan peningkatan motivasi belajar belajar peserta didik melalui penggunaan media ular tangga, guru tidak hanya sekedar menggunakan media ular tangga saja.di samping itu proses penggunaan media ular tangga tidak terlepas dari mekanisme penggunaan,mekanisme yang kuat dan efektif dalam penggunaanya dalam konteks pembelajaran. Guru dapat dengan mudah membuat dan mengelola materi fiqih shalat yang akan diajarkan. 3)Bagaimana implikasi penggunaan media ular tangga pada pembelajaran fiqih shalat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencangkup dampak yang diberikan oleh media ular tangga seperti bertambahnya semangat baik darii guru maupun peserta didik. Hal ini terlihat dari respon positif guru yang menunjukkan peningkatan semangat dan motivasi dalam menyampaikan materi menggunakan media ular tangga. Serta antusiasnya peserta didik selama pembelajaran menggunakan media ular tangga juga menjadi bukti bahwa dari penggunaan media ular tangga. Penggunaan media ular tangga ini juga berdampak pada metode pembelajaran yang ditetapkan oleh guru, ini menjadikan guru mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kreatif.
Kata Kunci: Penggunaan, Media Ular Tangga, Motivasi Belajar