Implementasi Nilai-Nilai Ke-NU-an dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila di MA Almaarif Singosari
Abstract
Pengembangan karakter merupakan pembahasan yang tidak akan lepas dari dunia pendidikan, pasalnya kurikulum merdeka berfokus pada pengembangan karakter untuk menyiapkan generasi penerus bangsa. Pengembangan karakter yang kurang mempertimbangkan nilai-nilai keagamaan menjadikan disintegrasi moral siswa. MA Almaarif Singosari merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pendidikan karakter siswa dengan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan yang berlandaskan Ahlu Sunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah yakni nilai-nilai ke-NU-an.
Fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai Ke-NU-an dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di MA Almaarif Singosari?. 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai Ke-NU-an dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di MA Almaarif Singosari?. 3) Apa saja faktor pendukung implementasi nilai-nilai Ke-NU-an dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di MA Almaarif Singosari?
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di MA Almaarif Singosari. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data mencakup tiga tahap utama: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian ini: 1) Implementasi nilai-nilai ke-NU-an di MA Almaarif Singosari dilakukan melalui program intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan tradisi madrasah, yang mencakup metode pembelajaran beragam, kegiatan ilmiah, lomba, serta tradisi keagamaan rutin. 2) Kendala utama mencakup perubahan karakteristik generasi, pengaruh media sosial, dan rendahnya minat belajar siswa. 3) Faktor pendukung dari mayoritas peserta didik dan staf yang berlatar belakang NU, serta tradisi keagamaan yang kuat, membantu memperkuat penerapan nilai-nilai ke-NU-an dan membentuk karakter profil pelajar Pancasila di madrasah ini.
Kata Kunci : Implementasi, Ke-NU-an, Profil Pelajar Pancasila