Implementasi Pendidikan Akhlak untuk Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak untuk meningkatkan etika komunikasi siswa di MAN 1 Kota Malang. Penelitian ini di latar belakangi karena masih adanya siswa yang kurang dalam beretika komunikasi ketika di madrasah. Sehingga perlu adanya peningkatan pada pendidikan akhlak siswa.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana etika komunikasi siswa, bagaimana pendidikan akhlak untuk meningkatkan etika komunikasi siswa, dan bagaimana evaluasi pendidikan akhlak siswa untuk meningkatkan etika komunikasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan etika komunikasi siswa, pendidikan akhlak untuk meningkatkan etika komunikasi siswa, serta evaluasi pendidikan akhlak untuk meningkatkan etika komunikasi siswa di MAN 1 Kota Malang.
Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang mengadopsi pendekatan fenomenologi, dilaksanakan di MAN 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode, termasuk observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian. Metode-metode ini dipilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Etika komunikasi siswa sudah baik selayaknya siswa madrasah, hal tersebut ditunjukkan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun ketika berbicara dengan guru di madrasah, juga menundukkan pandangan sebagai rasa tawadhu’ ketika berbicara dengan orang yang lebih tua di madrasah maupun di rumah; 2) Pendidikan akhlak sangat membantu siswa dalam meningkatkan etika komunikasi, jika akhlak seseorang baik maka dapat dikatakan bahwa etika komunikasinya juga baik. Indikator pendidikan akhlak siswa yang baik diantaranya dengan membiasakan sholat berjamaah di masjid, selalu menerapkan konsep 3S (Salam, Senyum, Sapa), serta mematuhi tata tertib yang ada di madrasah; 3) Evaluasi yang dilakukan yaitu melakukan program baru untuk wali kelas yang disebut excelcaos, evaluasi juga dilakukan secara pengamatan langsung yang diusahakan semaksimal mungkin oleh para guru. Evaluasi sehari-hari melalui pengamatan secara langsung dapat dilakukan juga di dalam kelas ketika pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Akhlak, Etika Komunikasi