Implementasi Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Modern Al Rifa’ie 2 Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Modern Al Rifa’ie 2 Kabupaten Malang. Penelitian ini di latar belakangi karena kurangnya semangat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif, serta metode pembelajaran yang cenderung monoton. Sehingga perlu adanya peningkatan pada penggunaan media pembelajaran untuk lebih kreatif seperti penggunaan media Quizizz.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana perencanaan implementasi aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran, bagaimana proses implementasi aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan bagaimana implikasi implementasi aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan implementasi aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran, proses implementasi aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar, serta implikasi implementasi aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar di SMP Modern Al Rifa’ie 2 Kabupaten Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena untuk memperoleh informasi secara rinci dan lengkap dengan melalui perolehan data yang tertulis atau pun lisan dari beberapa narasumber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, yang didapatkan adalah: 1) Perencanaan Implementasi aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran sudah sangat baik, hal tersebut ditunjukkan dengan pemahaman yang baik tentang aplikasi Quizizz, perencanaan guru sebelum menggunakan aplikasi Quizizz, serta peserta didik memahami alur penggunaan aplikasi Quizizz dengan sangat baik dan terstruktur. 2) Proses Implementasi aplikasi Quizizz menghasilkan peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan fitur-fitur dalam aplikasi Quizizz, guru tidak hanya sekedar menggunakan aplikasi ini secara biasa akan tetapi guru juga harus dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Quizizz. Di samping itu, proses penggunaan aplikasi Quizizz tidak terlepas dari mekanisme penggunaan, mekanisme yang kuat dan efektif dalam penggunaannya dalam konteks pembelajaran. Guru dapat dengan mudah membuat dan mengelola kuis sesuai dengan materi yang diajarkan. 3) Implikasi dari Implementasi aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencakup dampak yang diberikan oleh aplikasi Quizizz seperti bertambahnya semangat baik dari guru maupun peserta didik. Hal ini terlihat dari respon positif guru, yang menunjukkan peningkatan semangat dan motivasi dalam menyampaikan materi menggunakan Quizizz. Serta antusiasnya peserta didik selama pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz juga menjadi bukti dampak dari penggunaan aplikasi Quizizz. Penggunaan aplikasi Quizizz ini juga berdampak pada metode pembelajaran yang ditetapkan oleh guru, ini menjadikan guru mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kreatif. Serta tantangan dari penggunaan aplikasi Quizizz ini adalah jaringan yang harus stabil dan komputer yang terkadang bermasalah.
Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar