Penguatan Sikap Patriotisme Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Malang
Abstract
Kemudahan akses informasi yang diterima oleh generasi muda terutama para peserta didik di sekolah, karena adanya era globalisasi dan kemajuan teknologi yang begitu pesat tanpa adanya filter yang kuat sehingga tidak terbendung lagi. Hal ini sangat berdampak atas menurunnya sikap patriotisme yang dimiliki oleh generasi muda terutama peserta didik di SMAN 4 Malang pada saat ini. Penurunan sikap patriotisme ini berdampak apabila tidak ada penguatan, penanaman, penekanan dan kesadaran kembali akan pentingnya cinta tanah air pada setiap peserta didik, Seiring berjalannya waktu, sikap patriotisme juga akan mengalami penurunan yang cukup berarti..
Pengajaran pada materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Malang, sangatlah penting yang merupakan salah satu cara dalam mewadahi dalam pengajaran dan membina jati diri atau karakter yang harus ditanamkan oleh peserta didik. Materi-materi pada pembelajaran PAI ini dipandang dapat menyatu dengan keperluan serta identitas negara dan bangsa demi menyelamatkan generasi muda terutama perserta didik dalam menguatkan sikap patriotisme. Sikap patriotisme adalah rasa cinta dan dedikasi yang mendalam terhadap tanah air, yang menempatkan seseorang sebagai pejuang sejati dan pilar bangsa yang memiliki semangat, perilaku, dan komitmen yang tinggi terhadap negara. Sikap ini melibatkan pengorbanan diri, bahkan jiwa, demi kemajuan, kejayaan, dan kesejahteraan tanah air. Pemupukan sikap patriotisme menjadi hal yang sangat esensial dan diperlukan oleh semua warga negara, terutama generasi muda seperti peserta didik di lingkungan sekolah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan sikap patriotisme peserta didik di SMAN 4 Malang, penelitian ini juga mendeskripsikan penerapan Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat sikap patriotisme peserta didik di SMAN 4 Malang, dan mendeskripsikan sikap patriotisme peserta didik di SMAN 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengumpulkan data dari sumber manusia atau informan, termasuk guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa SMAN 4 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti melakukan pengamatan yang lebih lama, wawancara yang lebih mendalam, diskusi dengan ahli dan teman sejawat, serta melakukan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya untuk menguatkan sikap patriotisme peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Malang telah berjalan dengan baik, dimana Penerapan dan konsep pembelajaran pada materi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan wawasan kebangsan serta nilai-nilai sikap patriotisme, sudah diterapkan dan diajarkan kepada peserta didik di SMA Negeri 4 Malang. Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Malang telah berhasil menggunakan berbagai metode pengajaran dan materi ajar yang sesuai untuk mengembangkan sikap patriotisme peserta didik. Hal ini tercermin dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti dan perilaku yang memperkuat karakter peserta didik, menjadikan mereka individu yang beriman dan bermoral tinggi. Adapun kendala yang ditemui masih terdapat beberapa peserta didik yang menunjukan adanya penurunan perilaku pada sikap patriotism, hal ini perlunya peran guru PAI dalam menguatkan kembali sikap petriotisme pada peserta didik SMAN 4 Malang.
Kata Kunci : Penguatan, Sikap, Patriotisme, Pendidikan Agama Islam