Peran Masjid Sekolah Sebagai Media Penanaman Karakter Religius Peserta Didik SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran masjid seklah sebagai media penanaman karakter religius peserta didik di SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari. Penelitian ini di latar belakangi karena meskipun banyak literatur yang membahas pentingnya penanaman karakter religius pada peserta didik, sedikit penelitian yang secara empiris mengevaluasi peran konkret masjid sekolah dalam proses ini, terutama di lingkungan sekolah.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana karakter peserta didik, apa saja program yang dilaksanakan untuk mendukung penanaman karakter religius, dan bagaimana peran masjid dalam menanamkan karakter religius melalui program masjid sekolah di SMK Terpadu Al Ishlahiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter religius peserta didik, program masjid yang mendukung penanaman karakter religius peserta didik, serta peran masjid dalam menanamkan karakter religius melalui program masjid sekolah di SMK Terpadu Al Ishlahiyah.
Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang mengadopsi pendekatan study kasus, dilaksanakan di SMK Terpadu Al Ishlahiyah. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode, termasuk observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian. Metode-metode ini dipilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fokus permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Karakter peserta didik SMK Terpadu Al Ishlahiyah terbentuk karena adanya pembiasaan yang diterapkan, baik itu dilakukan setiap hari dan juga pada kegiatan-kegiatan tertentu. Karakter Peserta didik menjadi lebih religius setelah mengikuti berbagai program keagamaan yang di laksanakan di Masjid Sekolah. Hal ini dilihat dari perbandingan peserta didik sebelum dan sesudah sekolah di SMK Terpadu Al Ishlahiyah. Masjid sekolah yang terintegrasi dengan program pesantren menjadikan karakter peserta didik berubah lebih religius, temuan ini ditambah lagi dengan bahwa banyak asal peserta didik yang sekolah umum (non pesantren atau madrasah). Perubahan karakter menjadi lebih religius itu tercermin dari keseharian peserta didik yang lebih paham dengan nilai keagamaan serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.; 2) Program masjid yang mendukung penanaman karakter religius peserta didik dapat dilihat melalui berbagai kegiatan keagamaan yang ada pada pembiasaan setiap hari dan juga kegiatan yang dilaksanakan setiap tanggal atau hari-hari tertentu dengan tujuan yang sama, seperti membaca Asmaul Husna, berdo’a, dan dzikir bersama, Sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, peringatan hari besar Islam dan pondok ramadhan, kajian keputrian, istighotsah dan tahlil; 3) Peran masjid sekolah terlihat dari pemanfaatan masjid sebagai fasilitas untuk mendukung kegiatan keagamaan yang bertujuan sebagai penanaman karakter religius peserta didik SMK Terpadu Al Ishlahiyah yang mana digunakan untuk berbagai kegiatan seperti tempat ibadah, pendidikan agama, kegiatan keagamaan, fasilitas pengembangan diri.
Kata Kunci : Peran, Masjid, Karakter Religius