Pengaruh Strategi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas IX MTsN 1 Malang
Abstract
Hasil belajar siswa erat kaitannya dengan kemampuan mengajar seorang guru dan merupakan alat ukur untuk melihat apakah proses pembelajaran tersebut telah mencapai tujuan pembelajara. Keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, untuk mencapai pembelajaran yang efektif, seorang guru harus memiliki dan menguasai keramilan dasar mengajar, salah satu keterampilam mengajar ialah mengadakan variasi pembelajaran melaluai berbagai komponen seperti metode mengajar. Masih terdapat berbagai kendala dalam proses pembelajaran seperti metode pembelajaran yang monoton. Salah satu metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan melibatkan siswa dalam pembelajaran ialah metode probmen based learnig.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTsN 1 Malang dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang merupakan metode penelitian yang menjelaskan fenomena menggunakan data-data numerik, kemudian dianalisis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian yang menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel, dalam pengumpulan data melalui tes yang terbagi dalam dua tes yaitu: postest dan pretest. Sedangkan teknis analisis data meliputi (1) uji normalitas, (2) uji validitas, (3) relabilitas, (4) uji homogenitas dan, (5) uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pendekatan belajar metode problem based learning terhadap hasil belajar Fiqih kelas IX di MTsN 1 Malang, dari analisis yang telah dilakukan pada pengujian hipotesis maka dilakukan uji t yang menunjukkan taraf signifikansi (2-tailed)<0,05 yang maknanya koefisien regrensi diterima (hipotesis tidak dapat ditolak), pada peneletian ini uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai sig(2tailed) dengan nilai .000 yang dapat diartikan adanya pengaruh metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTsN 1 Malang.
Kata Kunci: Strategi Problem Based Learning, Hasil Belajar Fiqih