Show simple item record

dc.contributor.authorJiwandana, Auliya
dc.date.accessioned2020-12-21T02:01:29Z
dc.date.available2020-12-21T02:01:29Z
dc.date.issued2020-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1005
dc.description.abstractPendidik sangat berperan penting dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik, karena peserta didik yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah masih sangat memerlukan bimbingan dan pengawasan agar peserta didik tidak terjerumus kearah kehidupan yang tidak diinginkan. Guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar mengajarkan aqidah dan syari’ah melainkan haruslah dapat mengubah sikap dan perilaku peserta didik sesuai dengan ajaran islam solih likulli zaman wal makan. Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai suatu hal atau variabel yang berupa catatan lapangan, buku, makalah, dan laporan-laporan lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di MTs Annur 1 Bululawang, terfokus pada tiga peran, yaitu : guru sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai penasehat motivator. Adapun strategi-strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik : pembiasaan, pemberian nasehat/motivasi, Hukuman dan apresiasi, sedangkan faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik yaitu : faktor pergaulan peserta didik ketika berada di luar sekolah. Misalkan saja ketika vii peserta didik bergaul dengan teman yang salah maka hal ini akan menghambat proses pembentukan akhlak peserta didik, pendidikan orang tua yang juga tidak merata sehungga menyebabkan beberapa wali murid kurang paham dan bersikap acuh tak acuh terhadap perkembangan anak selama berada di rumah, kemudian penggunaan media elektronik yang salah juga dapat merusak akhlak peserta didik Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu bagi semua guru agar selalu memperhatikan perubahan yang terjadi pada peserta didiknya, dan agar selalu melakukan bimbingan dan pembinaan melalui strategi-strategi guru kepada peserta didiknya dan tentunya bagi orang tua hendaknya selalu mengawasi dan memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah serta memberikan teladan yang baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Di MTs Annur 1 Bululawang Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record