Abstract:
Pendidik sangat berperan penting dalam pembentukan akhlakul karimah
peserta didik, karena peserta didik yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah
Pertama atau Madrasah Tsanawiyah masih sangat memerlukan bimbingan dan
pengawasan agar peserta didik tidak terjerumus kearah kehidupan yang tidak
diinginkan. Guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar mengajarkan
aqidah dan syari’ah melainkan haruslah dapat mengubah sikap dan perilaku peserta
didik sesuai dengan ajaran islam solih likulli zaman wal makan.
Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimana peran guru pendidikan
agama islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah
Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam
dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur
1 Bululawang, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama
Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Annur 1 Bululawang.
Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru
pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, untuk mengetahui peran guru
pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang, untuk mengetahui apa saja faktor
penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Annur 1 Bululawang.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data
dengan menggunakan dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan
sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai suatu hal
atau variabel yang berupa catatan lapangan, buku, makalah, dan laporan-laporan
lainnya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama
Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di MTs Annur 1 Bululawang, terfokus
pada tiga peran, yaitu : guru sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru
sebagai penasehat motivator. Adapun strategi-strategi guru pendidikan agama
Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik : pembiasaan, pemberian
nasehat/motivasi, Hukuman dan apresiasi, sedangkan faktor penghambat guru
pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik yaitu :
faktor pergaulan peserta didik ketika berada di luar sekolah. Misalkan saja ketika
vii
peserta didik bergaul dengan teman yang salah maka hal ini akan menghambat
proses pembentukan akhlak peserta didik, pendidikan orang tua yang juga tidak
merata sehungga menyebabkan beberapa wali murid kurang paham dan bersikap
acuh tak acuh terhadap perkembangan anak selama berada di rumah, kemudian
penggunaan media elektronik yang salah juga dapat merusak akhlak peserta didik
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu bagi semua guru agar selalu
memperhatikan perubahan yang terjadi pada peserta didiknya, dan agar selalu
melakukan bimbingan dan pembinaan melalui strategi-strategi guru kepada peserta
didiknya dan tentunya bagi orang tua hendaknya selalu mengawasi dan
memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah serta
memberikan teladan yang baik.