Show simple item record

dc.contributor.authorFauziah, Nur Fajrina
dc.date.accessioned2024-09-02T06:44:16Z
dc.date.available2024-09-02T06:44:16Z
dc.date.issued2024-05-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10062
dc.description.abstractUsaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada saat ini sudah makin berkembang berada di Kabupaten Trenggalek yang memiliki peranan penting untuk mendukung suatu pemerataan kesejahteraan pada masyarakat dan menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat. Pemasaran pada era saat ini tidak hanya terbatas dengan pada suatu wilayah saja, namun semua UMKM harus mempunyai strategi agar produknya bisa berdaya saing khususnya untuk meluaskan pangsa pasar dengan melihat kelebihan dan kekurangan serta menjadikan UMKM yang berdaya saing digital. Maka pemasaran itu harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta untuk memperluas segmentasi pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor Internal dan faktor Eksternal yang dimiliki oleh UMKM Tempe Kripik UD Rara serta mengetahui strategi pemasaran pada UMKM Tempe Kripik UD Rara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan jumlah responden 105 responden. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder dan data primer yang didapatkan melalui kuisioner dan wawancara. Selanjutnya di analisis yang digunakan yaitu Matriks Internal (IFAS) dan Matriks Eksternal (EFAS), analisis Matriks SWOT dan analisis Matriks QSPM. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kekuatan : UMKM Tempe Kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek terletak pada memiliki kualitas poduk yang terjamin, produk memiliki rasa enak dan gurih, harga produk terjangkau, harga sebanding dengan kualitas, lokasi outlet mudah sitemukan dihalaman google, promosi offline secara langsung mulut ke mulut (melalui teman,saudara, keluarga), promosi secara langsung (datang ke outlet), proses pelayanan memuaskan, karyawan melayani dengan ramah, karyawan melayani dengan sigap, tata letak produk rapi, desain produk menarik, Kelemahan : UMKM Tempe Kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek memiliki produk kemasan menarik, pemberian diskon dalam pembelian jumlah banyak, lokasi outlet strategis, memiliki parkir terbatas, promosi online melalui sosial media (Instagram,facebook,whatshapp), proses transaksi menggunakan (cash,qris,debit), proses pelayanan sesuai standar jam buka, karyawan melayani dengan rapi, kebersihan produk terjaga, Peluang : UMKM Tempe Kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek terletak pada bahan baku mudah didapat, konsumen berbagai kalangan, masyarakat trenggalek banyak menggemari tempe kripik, menjalin kerjasama dengan mitra, Ancaman : yang sedang dihadapi UMKM Tempe Kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek saat ini yaitu, harga bahan baku semakin tinggi, adanya perusahaan pesaing menawarkan produk sejenis, promosi online belum dikelola dengan baik. (2) Strategi yang diperlukan UMKM Tempe kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek diantaranya Strategi SO: mempertahankan kualitas bahan baku dan menambah varian rasa produk (SO-1), Memperbanyak menjalin kerjasama untuk memperluas pasar produk (SO-2), Meningkatkan inovasi promosi serta meningkatkan pelayanan untuk menarik kalangan konsumen yang lebih luas (SO-3), Strategi WO : Mengoptimalkan promosi media sosial agar perusahaan lebih dikenal banyak Kalangan (WO-1), Menambah produk dan membuat kemasan desain kemasan yang menarik (WO-2), Menambah lokasi usaha strategis agar produk dikenal dan lebih mudah dijangkau oleh berbagai kalangan konsumen (WO-3), Strategi ST : Meningkatkan produk berkualitas untuk bersaing dengan produk sejenis (ST-1), Mempertahankan harga bahan baku produk sebanding dengan kualitas untuk menghadapi ancaman perusahaan pesaing yang sejenis (ST-2), Mempertahankan harga agar usaha tetap stabil (ST-3), Strategi WT : Meningkatkan promosi penjualan menggunakan media online Tiktok, e-comerce, Instagram, Facebook untuk menghadapi ancaman pada perusahaan sejenis (WT-1), Menambah inovasi produk dalam berbagai kemasan dan rasa untuk menghadapi ancaman pada perusahaan sejenis (WT-2). Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) Strategi disarankan untuk membuat promosi tersebut untuk meningkatkan media/saluran promosi digital dengan menggunakan market place, website dan meningkatkan kolaborasi dengan influenser serta menggandeng mitra-mitra untuk bekerjasama menyimpan kripik tempe ditoko-toko untuk dipasarkan kembali, selain itu inovasi promosi tersebut dengan memberikan diskon member, diskon dalam pembelian borongan menerima event-event tertentu dalam memasarkan dan memperkerjakan admin media sosial untuk menanggulangi custumer yang dalam melakukan pemesanan baik langsung atau tidak langsung, membuat juga konten-konten promosi dan flayer pada SO-3 sebagai grand strategi (2) Perusahaan disarankan mempertahankan dalam kerjasama mitra maupun pemasok dengan memberikan sebuah pelayanan yang baik serta memberikan harga khusus. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat mengatur dalam kondisi internal dan eksternal perusahaan. dimana akan menjalankan aktivitas perusahaan dengan meningkatkan produk berkualitas untuk bersaing dengan sejenis lainnya. (3) Perusahaan disarankan untuk meningkatkan strategi pasar dalam penyesuian harga, diadakan peningkatan lagi tentang promosi yang efektif dan variatif baik pada media sosial maupun dengan offline serta tetap mempertahankan proses pelayanan dengan baik agar pelanggan yang datang ke outlet merasakan kenyamanan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan konsumen agar dapat terus kembali melakukan pembelian. (4) Disarankan Penelitian selanjutnya, penelitian ini hanya mengambil beberapa variabel untuk diteliti, sehingga diharapkan untuk penelitian lain mampu untuk melengkapi kekurangan dari penelitian ini yaitu menggali lebih banyak variabel seperti 9 P Payment dan Packing pada perusahaan tersebut. Kata Kunci : Analisis, Strategi Pemasaran, Daya Saing UMKMen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectDaya Saing UMKMen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi UMKM Tempe Kripik UD Rara di Kabupaten Trenggalek)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record