dc.description.abstract | Pendidikan karakter religius yang mencakup nilai-nilai pancasila sangat
penting diajarkan kepada peserta didik. Pembentukan karakter harus dilakukan
secara terus menerus dengan kegiatan yang baik agar terciptanya karakter religius
peserta didik yang baik juga. Tujian penelitian ini adalah mendskripsikan
pelaksanaan shalat dhuha, kondisi karakter religius, serta menganalisis pengaruh
shalat dhuha terhadap karakter religius peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan penelitian
kuantitatif. Jumlah subjek yang digunakan adalah 53 peserta didik kelas X TKI 1
dan XII TKI 6 dari 1.815 populasi peserta didik di SMKN 5 Malang yang
menerapkan kegiatan shalat dhuha. Lokasi sekolah terletak di wilayah kota Malang
di jalan Piranha Atas, Kelurahan Tanjungsekar, Kecamatan Lowokwaru. Teknik
dalam penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data
menggunakan kuisioner dengan menggunakan teknik analisi data berupa uji pra
syarat dan hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah Shalat Dhuha berpengaruh positif
dan signifikan terhadap karakter religius peserta didik. Berdasarkan data yang
diperoleh shalat dhuhah mempengaruhi karakter religius peserta didik sebesar
31,5% yang artinya tingkat hubungan shalat dhuha adalah rendah, sedangkan
sisanya sebanyak 68,5% karakter dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dalam
penelitian ini. | en_US |