Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 Malang
Abstract
Motivasi dan penghargaan diandalkan di banyak negara untuk mendorong perubahan dalam pendidikan tinggi. Penggunaan pujian dan reward yang lebih sedikit atau lebih banyak mungkin ditemukan di sekolah-sekolah Tiongkok dan Jepang. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah kurangnya motivasi belajar. Peningkatan mutu pendidikan diawali dengan peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar yang di selenggarakan di kelas, untuk mewujudkan motivasi belajar yang tinggi dibutuhkan pula guru yang mempunyai kompetensi dalam pembelajaran salah satunya yaitu dengan pemberian reward dalam proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pendidikan agama islam di SMPN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 13 Malang. Teknik Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni, berjumlah 172 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data meliputi 1) analisis deskriptif, 2) uji prasyarat, dan 3) uji korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 13 Malang, dari analisis yang diperoleh, data pemberian reward terkategori sangat tinggi dengan rata rata 5,00. Sedangkan data motivasi belajar terkategori sangat tinggi juga dengan rata rata 6,07. Berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan uji korelasi motivasi belajar sebesar 0,000 artinya lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahawa terdapat hubungan pemberian reward dengan motivasi belajar. Tingkat hubungan antara pemberian reward dengan motivasi belajar termasuk kategori kuat dan bentuk hubungannya ialah positif, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 Malang.
Kata Kunci: Pemberian Reward, Motivasi Belajar