Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MA Muallimin Jagalan Malang
Abstract
Kurangnaya Pendidikan moral telah merajalela di dunia Pendidikan sehangga
menjadikan generasi-generasi berpendidikan yang kurang berkualitas. Hal ini bisa di
lihat dari maraknya kasus narkoba yang menjerat peserta didik, maraknya perkelahian
antar pelajar dll. Guru Pendidikan agama islam harus mampu menggunakan berbagai
macam upaya dalam membentuk karakter siswa, akhlak adalah hal penting yang
harus di miliki oleh setiap orang terutama siswa karena baik buruknya seseorang
dilihat dari akhlak yang di milikinya. Di era dewasa ini sangat banyak muncul
fenomena tentang menurunnya akhlak yang di miliki siswa dengan itu dampak
negative bagi kalangan termasuk siswa agar terhindar dari perilaku yang tidak sesuai
dengan ajaran islam dalam mengatasi hal ini di butuhkan upaya guru untuk
membentuk karakter.
Dari latar belakang penelitian diatas, tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan karakter siswa, upaya guru aqidah akhlak dalam membentuk
karakter siswa dan factor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam
membentuk karakter siswa di MA Muallimin Jagalan Malang.
Agar terwujudnya tujuan diatas dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif.
Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Yaitu pengamatan langsung terhadap sasaran metode
wawancara yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara
lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumentasi yaitu proses pencarian data
mengenai hal hal yang bersangkutan dengan penelitian.
Dari penelitian ini didapatkan hasil temuan penelitian bahwasannya upaya
guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MA Muallimin Jagalan
Malang dalam membentuk karakter siswa meliputi pengenalan guru kepada siswa,
upaya guru dalam membentuk karakter siswa serta factor pendukung an penghambat
guru aqidh akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MA Muallimin jagalan
Malang.