Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa di SMK Negeri 3 Malang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang dilakukan di SMK Negeri 3 Malang yang menunjukkan keberagaman latar belakang peserta didik dan pola interaksi teman sebaya yang dinamis. Interaksi teman antar peserta didik terjalin dengan baik, baik dalam konteks pembelajaran maupun di luar kelas. Namun, dampak interaksi tersebut terhadap motivasi belajar khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Populasi meliputi kelas XI SMK Negeri 3 Malang sebanyak 509 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Tenik analisis data untuk uji instrumen adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistic.20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat interaksi teman sebaya peserta didik kelas XI di SMK Negeri 3 Malang adalah sangat tinggi, dengan presentase sebesar 91% siswa (64% setuju dan 27% sangat setuju). ; 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 3 Malang dari 40 peserta didik adalah sangat tinggi, dengan persentase sebesar 81% siswa (55% setuju dan 26% sangat setuju). ; 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di SMK Negeri 3 Malang, dikarenakan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar -0,080. Nilai pearson correlation yang negatif menunjukkan adanya hubungan kebalikan antara kedua variabel tersebut, meskipun hubungannya lemah.
Kata Kunci : Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam