Show simple item record

dc.contributor.authorKhoirunisa, Nisrina
dc.date.accessioned2024-09-12T03:03:10Z
dc.date.available2024-09-12T03:03:10Z
dc.date.issued2024-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10096
dc.description.abstractPada pembelajaran matematika, pemilihan bahan ajar atau media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika kelas VIII MTs Islamiyah Sukopuro dan SMP Plus Darussalam diperoleh informasi 100% guru membutuhkan e-modul interaktif sebagai inovasi dalam proses pembelajaran matematika serta dapat membantu guru dalam menyampaikan materi relasi dan fungsi dan dapat mendukung proses pembelajaran matematika, selain itu didapatkan informasi sebanyak 80,38% peserta didik setuju bahwa e-modul interaktif dapat menunjang kemandirian belajar peserta didik dan mempelajari materi relasi dan fungsi. Peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran matematika peru inovasi dalam belajar supaya tidak mudah bosan dan penyampaian materi lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari analisis pendahuluan, dikembangan e-modul interaktif menggunakan Lectora Inspire materi relasi dan fungsi untuk menunjang kemandirian belajar siswa SMP/MTs kelas VIII. Tujuan penelitian pengembangan ini, yaitu (1) mendeskripsikan proses pengembangan E-modul interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi relasi dan fungsi untuk menunjang kemandirian peserta didik SMP/MTs kelas VIII, (2) mendeskripsikan hasil uji coba produk pengembangan E-modul interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi relasi dan fungsi untuk menunjang kemandirian peserta didik SMP/MTs Kelas VIII. Fokus materi pada penelitian ini adalah materi relasi dan fungsi Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan dengan meliputi empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Subjek validasi terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi, dan 6 peserta didik kelas VIII dari dua sekolah yang berbeda, yaitu MTs Islamiyah Sukopuro dan SMP Plus Darussalam Lawang sebagai pengguna/user. Untuk teknik analisis data diambil dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif adalah data verbal atau deskriptif yang didapat dari saran ataupun komentar yang diperoleh dari validator maupun user melalui angket kebutuhan peserta didik dan pendidik serta lembar validasi ahli media, ahli materi, praktisi, dan pengguna. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari perhitungan rata-rata persentase penskoran angket dan lembar validasi. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik, skor angket penilaian hasil pengembangan e-modul interaktif menggunakan Lectora Inspire oleh validator ahli media, validator ahli materi, praktisi dan pengguna., skor rata-rata didapat dari hasil perhitungan analisis data.Secara umum hasil pengembangan ini berupa e-modul interaktif menggunakan Lectora Inspire yang terdiri kompetensi (KI dan KD), peta konsep, materi relasi dan fungsi yang terdiri dari beberapa sub-bab, contoh soal, latihan soal, dan kuis. Produk e-modul interaktif dapat diunduh dan digunakan pada handphone, laptop, maupun komputer. Berdasarkan hasil validasi instrumen yang dilakukan oleh validator instrumen, penilaian instrumen yang akan disabarkan kepada validator ahli media, materi, dan praktisi mendapatkan hasil secara berturut-turut 3,72; 3,76; 3,48. Sesuai dengan kriteria kevalidan, hasil validasi instrumen dinyatakan valid dan dapat digunakan. Selanjutnya, dilakukan penilaian produk yang dilakukan oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,23, penilaian produk oleh validator ahli media memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,4, penilaian produk oleh validator praktisi memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,23, dan penilaian produk oleh pengguna/user memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,52. Dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif menggunakan Lectora Inspire materi relasi dan fungsi untuk menunjang kemandirian beajar siswa SMP/MTs kelas VIII adalah valid dan dapat digunakan. Saran pemanfaatan meliputi saran pemanfaatan produk, saran penyebaran, dan saran pengembangan lebih lanjut. Pertama, saran pemanfaatan produk yang artinya e-modul dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran bagi peserta didik, baik sebagai materi ajar di sekolah maupun sebagai media pembalajaran yang mendukung kemandirian belajar. Kedua, saran penyebaran yang di mana terdapat keterbatasan pengembang pada penyebaran e-modul interaktif yaitu cangkupan materi yang dikembangkan materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP/MTs dan hanya disebarkan pada MTs Islamiyah Sukopuro dan SMP Plus Darussalam Lawang. Sehingga, disarankan untuk dapat disebarkan ke skala yang lebih luas dan memperluas materi yang digunakan. Ketiga, saran pengembangan lebih lanjut, yaitu (1) bagi pengembang yang ingin mengembangkan e-modul interaktif dapat dimodifikasi untuk memperluas materi atau menambahkan materi yang lain, karena cangkupan materi pada produk ini hanya materi relasi dan fungsi, (2) e-modul interaktif menggunakan Lectora Inspire ini belum diuji keefektifannya, jadi untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan dapat menguji produk hingga keefektifannya, (3) produk dirancang dapat merekam aktifitas user dan guru, sehingga owner dapat meninjau rekaman aktifitas user.   Kata Kunci: Pengembangan, e-modul Interaktif, Lectora Inspire, Relasi dan Fungsien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjecte-modul Interaktifen_US
dc.subjectLectora Inspireen_US
dc.subjectRelasi dan Fungsien_US
dc.titlePengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Materi Relasi dan Fungsi untuk Menunjang Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs Kelas VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record