UT - Mathematic Education
Browse by
Recent Submissions
-
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Critical Thinking dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 2 Tirtoyudo
(Universitas Islam Malang, 2024-03-01)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan critical thinking dan pemecahan masalah peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan analisis pendahuluan yang telah dilakukan terhadap guru ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 3 Kepanjen
(Universitas Islam Malang, 2024-03-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi matematis diperlukan untuk menyampaikan gagasan matematis secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi matematis dapat ditingkatkan apabila peserta didik belajar ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Berdasarkan Gender pada Materi Barisan Aritmetika di SMK IT Asy-Syadzili Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-02-20)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini didasari dengan adanya kelas di SMK IT Asy-Syadzili Malang yang dibedakan ... -
Penerapan Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII A SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Dalam pembelajaran matematika, tentunya banyak permasalahan yang dialami baik oleh pendidik maupun peserta didik. Peneliti mengamati bahwa di SMP Wahid Hasyim Kelas VII A ada beberapa kegiatan pembelajaran yang mengalami ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs
(Universitas Islam Malang, 2024-03-04)Pemahaman konsep merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika agar dapat tercapai tujuan pembelajaran. Konsep dalam matematika saling berkaitan yang akan membantu peserta didik ... -
Pengembangan E-LKPD Interaktif dengan Live Worksheets Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Peluang Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matmatika SMP Islam Hidayatul Mubtadiin, guru setuju dalam pembelajaran matematika hanya menggunakan bahan ajar cetak dan tidak menyusun bahan ajar sendiri ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 8 Malang pada Materi Dimensi Tiga
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Dalam pendidikan pasti didalamnya ada pembelajaran, pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar. Salah satu pembelajaran disekolah ialah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika salah ... -
Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX MTs Ma’arif NU Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas IX MTs Ma’arif NU Kota Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemahaman peserta didik terhadap ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Materi SPLDV Peserta Didik Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tepatnya pada tingkat dasar dan menengah menjadi permasalahan besar bagi pendidikan saat ini. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMP Negeri 3 Karangan, menunjukkan bahwa ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Statistika di SMK Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Salah satu dari standar kemampuan dasar matematika yang ditetapkan NCTM yaitu kemampuan koneksi matematis. Masih terdapat sekitar 50% peserta didik kelas XI PHT 2 SMKN 2 Malang mengalami kesulitan dalam mengkoneksikan ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Think Talk Write Berbasis Literasi Digital pada Materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Keberhasilnya pembelajaran di kelas adalah perencanaan perangkat pembelajaran yang matang yang dibuat oleh guru sebelum proses pembelajaran dimulai, selain itu perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan harus sesuai ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Induksi Matematika Kelas XI SMA
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan hasil uji coba produk. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahap ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Flipped Classroom pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Peserta Didik Kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo
(Universitas Islam Malang, 2024-02-26)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII masih rendah. ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Window Shopping Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Peluang guna Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Ulum Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap penelitian yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas VIII di SMP Islam Pakis yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika, terutama dalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut disebabkan oleh kurang ... -
Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search-Solve-Create-Share) untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 8 SMP Negeri 25 Malang pada Materi Statistika
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya secara lisan atau tertulis tentang apa yang mereka kerjakan pada matematika. Kemampuan komunikasi matematis menjadi ... -
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Hots pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Nasruddin Dampit. Hal ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Literasi Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Negeri Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi matematis dan kemampuan komunikasi ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Materi Peluang Kelas VIII SMP KH.A. THOHIR TUMPANG
(Universitas Islam Malang, 2023-07-24)Berdasarkan observasi yang peneliti dilakukan di kelas VIII B SMP KH. A. Thohir Tumpang, dan guru matematika menyatakan bahwa proses pembelajaran matematika masih banyak berfokus pada aktivitas guru. Hal itu dapat diamati ...