UT - Mathematic Education
Browse by
Recent Submissions
-
Penerapan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Diagram Statistika Peserta Didik Kelas VII SMPN 17 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas VII-A SMPN 17 Malang tahun ajaran yaitu rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Faktor penyebabnya yaitu model pembelajaran konvensional yang ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep melalui Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Wordwall pada Materi Statistika Kelas VII MTs Roudlotul Ulum Pagak
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemahaman konsep peserta didik MTs Roudlatul Ulum Pagak. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor yaitu: kurangnya minat dan motivasi dalam belajar, kurangnya peran aktif peserta ... -
Efektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum mampu untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya pemahaman konsep dan gaya kognitif siswa. Berdasarkan permasalahan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Kelas VIII A MTs Bahrul Maghfiroh Malang Tahun Ajaran 2023-2024
(Universitas Islam Malang, 2024-08-01)Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena melalui kemampuan pemahaman konsep peserta didik mampu menyelesaikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Analogical Reasoning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Bahrul Maghfiroh Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Kemampuan analogical reasoning merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika guna membentuk perspektif dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengaitkan dengan kehidupan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Data dan Diagram Kelas VII SMPN 17 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam menunjang keberhasilan belajar peserta didik dan dapat membantu peserta didik memperdalam pemahaman tentang materi matematika selama pembelajaran. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Tahun Ajaran 2023/ 2024
(Universitas Islam Malang, 2024-08-07)Pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa karena pemecahan masalah merupakan tujuan suatu pembelajaran matematika. Berdasarkan masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika kelas VIII – C MTs ... -
Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) Berbantuan Spinner untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Sajian dan Tafsiran Data Peserta Didik Kelas VII MTs Al Maarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam kegiatan pembelajaran matematika agar peserta didik mendapatkan solusi permasalahan matematika yang diiginkan dengan mengeluarkan pendapatnya ataupun bertukar pendapat ... -
Efektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) Berbasis Video Pembelajaran terhadap Literasi Matematis Peserta Didik pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Literasi matematis memainkan peran penting dalam membantu peserta didik memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak peserta didik memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah. Hal ini ditunjukkan ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Tpack Materi Persamaan Garis Lurus pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Nusantara Pronojiwo
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Penelitian ini didasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Nusantara Pronojiwo. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya peserta didik hanya dapat menghafal rumus tanpa ... -
Pengaruh Penerapan Model WEE (Wondering, Exploring, And Explaining) dengan Bantuan Media Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 13 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Pemahaman konsep adalah elemen kunci dalam pembelajaran matematika. Namun, hasil observasi di SMKN 13 Malang mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi trigonometri hanya mencapai ... -
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Fungsi untuk Meningkat Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MA Roudlotul Ulum Pagak Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Pembelajaran matematika merupakan proses pembelajaran yang tidak terpisahkan dari dua jenis kegiatan yaitu belajar dan mengajar, dimana kedua bidang ini bekerja sama secara terpadu menjadi kegiatan berupa interaksi antara ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2024-07-31)Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah salah satu cara guna meningkatkan pemahaman peserta didik pada suatu materi dan konsep matematika, memecahkan berbagai masalah matematika, dan memahami ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Rasio Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kecakapan kognitif yang harus dimiliki oleh peserta didik sehingga diperlukan pembiasaan diri dalam melakukan penyelesaian persoalan matematika melalui masalah kehidupan sehari-hari. ... -
Pengaruh Habits of Mind Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Matematika menjadi mata pelajaran yang mempunyai peranan yang sangat penting di sekolah. Dalam proses pembelajaran matematika diperlukannya beberapa soft skill dan hard skill yang harus dicapai. Kemampuan pemahaman matematis ... -
Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik
(Universitas Islam Malang, 2024-07-10)Literasi matematis dan motivasi belajar sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun banyak peserta didik yang masih kurang kemampuan literasi matematis dan motivasi belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil ... -
Keterkaitan antara Kebutaan Metakognitif dan Kecemasan Matematika pada Materi Trigonometri Kelas X Farmasi di SMK Ahmad Yani Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-07-08)Siswa menunjukkan kesadaran metakognitif yang rendah sehingga siswa kesulitan dalam mengendalikan proses berpikir siswa pada mempelajari materi trigonometri serta kecemasan matematika tinggi sehingga siswa d merasa tertekan ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Kemampuan penalaran matematis sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat dikatakan mampu memiliki kemampuan penalaran matematis apabila dapat menganalisis situasi matematika dengan memberikan dugaan, ... -
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X E SMA Negeri 1 Arjasa
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X E SMA Negeri 1 Arjasa karena peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru, sehingga ketika diberikan latihan ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Belajar matematika mendorong peserta didik mengembangkan pemikiran kritis, logis, dan kreatif sehingga mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari maupun di konteks akademis. Untuk membangkitkan keahlian ...