Browsing UT - Mathematic Education by Issue Date
Now showing items 1-20 of 235
-
Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan LKPD pada Materi Fungsi untuk Peserta Didik Kelas X MA Almaarif Singosari Tahun Ajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2020-06-13)Pembelajaran matematika adalah sebuah proses yang dilakukan oleh guru sebagai upaya agar peserta didik dapat belajar dengan mudah dalam memahami ilmu pengetahuan tentang pola-pola, penalaran yang logis, efisien dan masalah ... -
Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dengan Media Cabri 3D pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP
(Universitas Islam Malang, 2020-07-03)Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika kelas VIII D SMP Islam 1 Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan representasi matematis peserta ... -
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang Bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Kompetensi Abad 21 pada Materi Statistika Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2020-07-10)Bahan ajar yang menarik adalah bahan ajar yang mampu mengaktifkan peserta didik untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikan pada bahan ajar yang dapat menyuguhkan tampilan menarik seperti teks, ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Melalui Model Anchored Instruction (AI) dengan Metode Brainstorming Berbantuan Video Pembelajaran pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTS Ma'arif Ketegan Tanggulangin
(Universitas Islam Malang, 2020-07-30)Dalam pembelajaran matematika, pemilihan model pembelajaran perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik mata pelajaran matematika MTs. Ma’arif Ketegan Tanggulangin, diperoleh hasil bahwa rendahnya ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Subpokok Materi Kubus dan Balok Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2020-08-06)Pembelajaran matematika adalah suatu proses pembentukan pola berfikir dalam memahami suatu pengertian, penalaran, dan hubungan antar konsep matematika. Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan mencari hubungan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Metakognitif dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas XI di SMKN 1 Kraksaan
(Universitas Islam Malang, 2020-08-09)Berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan dasar matematis yang esensial yang perlu dimiliki oleh peserta didik yang sedang belajar matematika. Terdapat beberapa alasan yang mendasari pernyataan tersebut. Pertama, kemampuan ... -
Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2020-08-10)Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan media pembelajaran yang tidak mendukung. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik berdasarkan Teori Polya pada Materi Aturan Sinus Kelas X MA
(Universitas Islam Malang, 2020-08-12)ABSTRAK Munadifah, Siti Nafsiatul. 2020. Analysis of Students' Mathematical Problem Solving Ability based on Polya Theory on Class X MA Sine Rules Material. Thesis of Mathematics Education Study Program, Teaching and ... -
Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Firing Line Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Darut Taqwa
(Universitas Islam Malang, 2020-08-14)Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, salah satunya adalah pelajaran matematika. Matematika bukanlah sekedar pelajaran berhitung, tetapi merupakan ilmu ... -
Konstruksi Abstraksi Reflektif Siswa dalam Konsep Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS
(Universitas Islam Malang, 2020-08-14)Abstraksi reflektif merupakan pengonstruksian konsep-konsep yang memiliki karakteristik sama menjadi suatu pengetahuan formal yang baru. Teori APOS merupakan teori konstruksi tentang konsep matematika yang memuat empat ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTsN 3 Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2020-08-15)Pendidikan diselenggarakan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill peserta didik. Dalam pembelajaran matematika, terdapat beberapa hard skill dan soft skill yang harus dicapai peserta didik. Salah satunya adalah ... -
Pengembangan Interactive Digital Book Bermuatan Kearifan Lokal Jawa Timur Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Problem Solving Pada Materi Program Linear Untuk Peserta Didik Kelas X
(Universitas Islam Malang, 2020-08-18)Pendidikan membawa peranan yang sangat penting, karena melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi akan mudah diserap. Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan bidang ilmu yang bersifat universal dan membawa ... -
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik dengan Menggunakan E-learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink pada Materi Prisma dan Limas di Kelas VIII MTsN 1 Buleleng
(Universitas Islam Malang, 2020-08-22)Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika di MTsN 1 Buleleng belum dikuasai dengan baik oleh peserta didik dan masih tergolong rendah. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara awal dengan Guru Matematika ... -
Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP
(Universitas Islam Malang, 2020-08-24)Dalam pendidikan formal terdapat mata pelajaran penting dan perlu dikuasai oleh peserta didik. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran sangat penting dan selalu dipelajari mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah, ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Segiempat
(Universitas Islam Malang, 2020-08-24)Tuhan memberikan karunia yang sangat besar kepada manusia berupa akal, karena akal tersebut akan membantu manusia mengembangkan potensi yang ada pada diri manusia tersebut. Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu yang ... -
Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Media Question Card
(Universitas Islam Malang, 2020-08-26)Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media Question Card pada materi Statistika. Pendekatan ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu Tahun 2020
(Universitas Islam Malang, 2020-11-09)Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh guru dan peserta didik serta lingkungan belajar dengan tujuan peserta didik memperoleh kompetensi dalam bidang matematika. Kompetensi di bidang matematika ... -
Analisisis Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dau
(Universitas Islam Malang, 2020-11-18)Pendidikan sangat penting untuk memupuk ilmu dalam bidang pengetahuan yang diperoleh dari lembaga kegiatan formal maupun non formal. Salah satu bidang kegiatan yang sangat penting serta perlu mendapatkan perhatian ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung Tahun 2020
(Universitas Islam Malang, 2020-11-18)Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat membantu peserta didik untuk memecahkan persoalan, baik yang ada di dalam pelajaran ataupun dalam kehidupan sehari-hari. ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMPN 1 Mojagung
(Universitas Islam Malang, 2020-11-24)Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat dibutuhkan oleh peserta didik karena pada dasarnya peserta didik dituntut untuk berusaha sendiri dalam menemukan penyelesaian dari suatu masalah supaya peserta didik dapat ...