dc.description.abstract | Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran semakin hari semakin dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilakukan di MTS Al Ma’arif Singosari, guru menyatakan bahwa penggunaan teknologi dibutuhkan dengan persentase 83,33%, dan peserta didik juga menyatakan dibutuhkannya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 73,89%. Dengan begitu dilakukan penelitian pengembangan yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Wordwall untuk Peserta Didik Kelas IX pada Materi Aljabar. Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Wordwall pada materi aljabar pada kelas IX. (2) Mendeskripsikan hasil Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Wordwall pada materi aljabar pada kelas IX. (3) Mendeskripsikan hasil uji coba produk Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Wordwall pada materi aljabar pada kelas IX.
Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Terdapat beberapa validator ahli yaitu validator ahli materi, ahli media, praktisi, dan pengguna/peserta didik yaitu peserta didik kelas IX di MTs Al Ma’arif 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari rancangan penelitian pengembangan ini adalah: (1) laman dengan tingkatan mudah, (2) laman dengan tingkatan sedang, (3) laman dengan tingkatan sulit. Produk pengembangan ini telah valid dengan nilai kevalidan dari berbagai ahli sebagai berikut. Dari ahli materi dinyatakan valid dengan persentase kevalidan 83,3%, dari ahli media dinyatan valid dengan persentase kevalidan 72,5%, dan dari praktisi dinyatakan valid dengan persentase kevalidan 84,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini valid dan siap digunakan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Website, Wordwall, HOTS, Aljabar. | en_US |