Show simple item record

dc.contributor.authorRisandi, Moh. Rofiq
dc.date.accessioned2024-09-12T03:58:38Z
dc.date.available2024-09-12T03:58:38Z
dc.date.issued2023-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10107
dc.description.abstractMasyarakat kepulauan Kabupaten Sumenep dalam mengurus dokumen kependudukan harus harus mengeluarkan biaya oprasional dengan menggunakan kapal laut untuk mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan dan memakan waktu yang cukup lama. Selain itu keberadaan Mal Pelayanan Publik atau MPP juga di anggap kurang maksimal bahkan menjadi masalah baru karena keberadaanya tetap tidak menjadi solusi bagi masayarakat kepulauan. Dengan berbagai persoalan yang ada di kepulauan sapeken. Mulai dari kurang efektifnya jaringan internet¸kurang kesadaran masyarakat setempat terhadap pentingnya dokumen kependudukan¸ dan secara geografis akses kepulauan dengan daratan begitu jauh sehingga pemerintah Kabupaten Sumenep terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pendaftaran Online Simponi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep yang di ukur dengan 5 dimensi dalam pengukuran kualitas pelayanan publik¸ yaitu aspek bukti langsung (tangible)¸ kehandalan (realiability)¸ daya tanggap (responsiviness)¸ jaminan (assurance) dan empati (empathy). Aspek tersebut diteliti dengan menggunakan survey wawancara dan dokumentasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep harus melakukan kerja sama dengan pihak Kecamatan yang ada di Desa-desa kepulauan untuk mengadakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat secara massif akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan dan mengenai persyaratan apa yang harus dibawa dalam pengurus dokumen kependudukan agar proses pelayanan lebih cepat dirasakan oleh masyarakat kepulauan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripitif, analisis ini mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan temuan di lapangan dan selanjutnya diberi penafsiran dan kesimpulan. Tahap awal peneliti adalah pengelompokan data, pengkategorian data, dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif sehingga dapat menghasilkan suatu pemahaman dan definisi yang ilmiah untuk mendapatkan gambaran secara sistematis mengenai implementasi sistem SIMPONI dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep. Kata Kunci; Pelayanan Publik¸E-Governmenten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectE-Governmenten_US
dc.titleKualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pendaftaran Online (Simponi) di Kecamatan Sapeken (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record