Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward pada Pelajaran Matematika Kelas V di MIS Al Khoiriyah Pakis
Abstract
Mata pelajaran matematika pada kelas atas memiliki kompleksitas materi yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi secara terus menerus. Pemberian reward yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran memiliki peranan penting untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, maka diperlukan upaya pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik terutama dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward pada pelajaran matematika kelas V di MIS Al Khoiriyah Pakis, dan untuk menganalisis pelaksanaan dan hasil peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward pada pelajaran matematika kelas V di MIS Al Khoiriyah Pakis.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan tes tulis. Dalam penelitian ini, analisis data komparatif digunakan, yang melibatkan data kuantitatif yang dikumpulkan untuk penelitian korelasional dan diolah menggunakan rumus statistik yang diterapkan dalam analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran dengan pemberian reward berupa stiker bintang yang dikategorikan, dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, serta melakukan aktivitas belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah dengan melakukan perbaikan pada tiap siklusnya, (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui III siklus kegiatan, di mana setiap siklus diamati oleh guru sebagai pengamat dengan menggunakan lembar observasi sebagai pedoman. berdasarkan hasil observasi diperoleh peningkatan aktivitas pembelajaran maupun aktivitas belajar peserta didik, yang dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh. Peningkatan rata-rata ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran semakin baik dari satu siklus ke siklus berikutnya, dan (3) hasil peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan pemberian reward pada pelajaran matematika kelas V di MIS Al Khoiriyah meliputi : a) ketuntasan belajar yang diperoleh pada pre test sebesar 31 %, siklus I sebesar 45 %, siklus II sebesar 55 %, dan siklus III sebesar 76 %, dan b) rata-rata hasil kuesioner pada siklus I sebesar 60 %, siklus II sebesar 70 %, dan siklus III sebesar 75 %. Pemberian reward berupa stiker bintang dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V di MIS Al Khoiriyah Pakis. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan skor rata-rata pada hasil belajar peserta didik dan kuesioner peserta didik yang mengalami peningkatan. Pemberian reward dalam pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, namun pendidik perlu memperhatikan waktu pemberian yang tidak bisa diberikan setiap harinya.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Reward, Pelajaran Matematika