Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Haji Dan Umrah Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Gunawan, Slamet Achmad Syahril
dc.date.accessioned 2020-12-21T02:05:23Z
dc.date.available 2020-12-21T02:05:23Z
dc.date.issued 2020-06-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1015
dc.description.abstract Di MTS Negeri Batu masih terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran fiqih, Seperti hal rendahnya motivasi belajar peserta didik di MTS Negeri Batu terhadap mata pelajaran fiqih. khususnya siswa kelas VIII, terdapat siswa tidak memperhatikan pelajaran yakni dalam minat pembelajaran siswa dan motivasi belajar rendah, siswa pasif, malu untuk bertanya, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) pada saat penyampaian pelajaran, siswa mengobrol sendiri dengan temannya, ada yang mendengarkan tetapi lesu, bosan, melamun, bermain sendiri, jika ditanya paham atau tidaknya mereka masih bingung dan tampak tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran ketika berlangsung. Berdasarkan dari hasil observasi awal siswa kelas VIII di MTS Negeri Batu terdapat sebagian siswa masih belum bisa memotivasi dirinya sendiri dan kurang memperhatikan materi apa yang disampaikan oleh guru, serta juga banyak ditemukan siswa kelas VIII yang masih cenderung pasif dalam pembelajaran berlangsung siswa menjadi pendengar yang baik, siswa kurang responsif dalam menangkap materi pembelajaran berlangsung, siswa ramai sendiri dengan teman sebangku. Ketika guru dalam memberikan sebuah pertanyaan atau memberi sebuah kesempatan untuk bertanya hanya sebagian siswa untuk bertanya serta memberi komentar. Dikarenakan mayoritas siswa adalah kebanyakan anak pesantren dan sebagian anak rumah. Selain itu ketika pembelajaran berlangsung siswa mengerjakan tugas lain. Akibatnya, pemahaman fiqih materi pokok haji dan umrah juga berkurang. Hal ini dilatar belakangi oleh penerapan metode pembelajaran agama islam bersifat (konvensional) yakni menggunakan metode ceramah dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, dan juga menerapkan metode menghafal lafadz – lafadz, dan mendemonstrasikan praktik ibadah yang agak tampak jenuh bagi siswa. Sehingga peserta didik kurang tertarik dengan metode yang demikian. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTS Negeri Batu, maka pada penelitian ini peneliti menerapkan metode mind mapping, melalui metode mind mapping siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajarnya yang aktif. Dengan membuat ringkasan belajar sendiri, siswa akan tertarik dengan kegiatan itu dan akan mempelajari pembelajaran yang dibuatnya sendiri dengan senang hati. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni Bagaimana proses penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok haji dan umrah kelas VIII MTS Negeri Batu. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok haji dan umrah kelas VIII MTS Negeri Batu. Untuk mencapai tujuan diatas tersebut penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yakni pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Yang dilaksanakan masing – masing adalah satu pertemuan. Prosedur pengumpulan data yaitu dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, rata-rata yang diperoleh dari siklus 1 motivasi belajar siswa adalah 68% yang mengindikasikan adanya sedikit peningkatan motivasi belajar. rata-rata yang diperoleh dari siklus 2 adalah 92% yang mengindikasikan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar yang sangat tinggi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Haji Dan Umrah Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account