Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Haji Dan Umrah Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu
Abstract
Di MTS Negeri Batu masih terdapat beberapa kendala dalam proses
pembelajaran fiqih, Seperti hal rendahnya motivasi belajar peserta didik di MTS
Negeri Batu terhadap mata pelajaran fiqih. khususnya siswa kelas VIII, terdapat
siswa tidak memperhatikan pelajaran yakni dalam minat pembelajaran siswa dan
motivasi belajar rendah, siswa pasif, malu untuk bertanya, mengerjakan pekerjaan
rumah (PR) pada saat penyampaian pelajaran, siswa mengobrol sendiri dengan
temannya, ada yang mendengarkan tetapi lesu, bosan, melamun, bermain sendiri,
jika ditanya paham atau tidaknya mereka masih bingung dan tampak tidak semangat
dalam mengikuti pembelajaran ketika berlangsung.
Berdasarkan dari hasil observasi awal siswa kelas VIII di MTS Negeri Batu
terdapat sebagian siswa masih belum bisa memotivasi dirinya sendiri dan kurang
memperhatikan materi apa yang disampaikan oleh guru, serta juga banyak
ditemukan siswa kelas VIII yang masih cenderung pasif dalam pembelajaran
berlangsung siswa menjadi pendengar yang baik, siswa kurang responsif dalam
menangkap materi pembelajaran berlangsung, siswa ramai sendiri dengan teman
sebangku. Ketika guru dalam memberikan sebuah pertanyaan atau memberi sebuah
kesempatan untuk bertanya hanya sebagian siswa untuk bertanya serta memberi
komentar. Dikarenakan mayoritas siswa adalah kebanyakan anak pesantren dan
sebagian anak rumah. Selain itu ketika pembelajaran berlangsung siswa
mengerjakan tugas lain. Akibatnya, pemahaman fiqih materi pokok haji dan umrah
juga berkurang. Hal ini dilatar belakangi oleh penerapan metode pembelajaran
agama islam bersifat (konvensional) yakni menggunakan metode ceramah dari awal
pembelajaran hingga akhir pembelajaran, dan juga menerapkan metode menghafal
lafadz – lafadz, dan mendemonstrasikan praktik ibadah yang agak tampak jenuh
bagi siswa. Sehingga peserta didik kurang tertarik dengan metode yang demikian.
Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTS Negeri Batu, maka
pada penelitian ini peneliti menerapkan metode mind mapping, melalui metode
mind mapping siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajarnya yang
aktif. Dengan membuat ringkasan belajar sendiri, siswa akan tertarik dengan
kegiatan itu dan akan mempelajari pembelajaran yang dibuatnya sendiri dengan
senang hati.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni
Bagaimana proses penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok haji dan umrah kelas VIII
MTS Negeri Batu.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode
mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
fiqih materi pokok haji dan umrah kelas VIII MTS Negeri Batu.
Untuk mencapai tujuan diatas tersebut penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yakni pra siklus, siklus 1,
dan siklus 2. Yang dilaksanakan masing – masing adalah satu pertemuan. Prosedur
pengumpulan data yaitu dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik pengecekan keabsahan data
menggunakan meningkatkan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode mind mapping
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, rata-rata yang diperoleh dari siklus 1
motivasi belajar siswa adalah 68% yang mengindikasikan adanya sedikit
peningkatan motivasi belajar. rata-rata yang diperoleh dari siklus 2 adalah 92%
yang mengindikasikan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar yang sangat
tinggi.