Show simple item record

dc.contributor.authorBariroh, Zahrotun
dc.date.accessioned2020-12-21T02:06:35Z
dc.date.available2020-12-21T02:06:35Z
dc.date.issued2020-08-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1018
dc.description.abstractSalah satu aspek penting yang bersifat universal dan berlangsung secara terus menerus dibelahan dunia manapun adalah pendidikan. Pendidikan memiliki keterkaitan erat dengan setiap perubahan sosial, baik dalam dinamika individu ataupun dalam interaksi sosial yang memiliki skala lebih besar. Dan untuk tercapainya suatu pendidikan yang ideal banyak aspek yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum yang menjadi inti dari pendidikan tidak bisa dibiarkan berhenti pada satu titik atau tidak berkembang, perubahan zaman menuntut semua penggelut dunia pendidikan untuk lebih mengerti bagaimana kurikulum yang efisien yang seharusnya diberikan pada peserta didik sesuai dengan kondisi yang ada. Hal itu juga berlaku pada semua lembaga pendidikan, salah satunya Lembaga Pendidikan Islam Melihat dewasa ini semua aspek kehidupan didunia semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, kesiapan memtal dan intelektual generasi kedepan yang akan menghadapi tantangan zaman itu pasti akan sangat bergantung pada mutu pendidikan sekarang, sehingga memodernisasikan kurikulum merupakan langkah yang perlu dipertimbangkan oleh setiap lembaga pendidikan. Hal itulah yang melatarbelakangi Tazkia Internasioal Islamic Boarding School memodernisasikan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan obervasi awal, bahwasannya Tazkia IIBS Malang ini telah melakukan perubahan kurikulum PAI nya sebanyak 3 kali dalam usia Tazkia yang cukup muda, yakni 7 tahun semenjak berdirinya pada tahun 2014. Tazkia sendiri sudah menjadi lembaga pendidikan bertaraf Internasional dan sudah berhasil menarik minat para calon penuntut ilmu dengan prestasi-prestasi yang terus didapatkan. Hal itu tidak terlepas dari bagaimana kurikulum yang diajarkan didalam Tazkia sendiri sehingga dapat menghasikan output-output yang dapat bersaing dengan banyak lembaga lain bahkan ke taraf Internasional. Melihat perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi didalamnya dalam kurun waktu singkat dan tetap stabil dalam proses belajar mengajar ini melahirkan pertanyaan, bahwa kurikulum sperti apalagi yang sedang dicari oleh sekolah yang sudah bertaraf internasional ini. Dari latar belakang diatas, peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai bagaimana proses perencanaan modernisasi kurikulum, bentuk modernisasi kurikulum dan implementasi modernisasi kurikulum Sekolah Menengah Pertama Pendidikan Agama Islam di Tazkia Internasional Islamic Boarding School. vi Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses modernisasi kurikululum PAI, bentuk modernisasi kurikulum PAI dan terakhir bagaimana implementasi modernisasi kurikulum PAI di SMP Tazkia IIBS Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, prosedur pengumpulan data dilakukan peneliti dengan metode observasi dimana peneliti melakukan pengamatan mendalam mengenai modernisasi kurikulum ini, lalu metode wawancara dengan narasumber yang sesuai atau memahami mengenai kurikulum yang ada, dan terakhir menggunakan metode dokumentasi yakni mencari data yang berupa catatan, transkip, laporan agenda dan sebagainya. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan data bahwa modernisasi kurikulum yang dilakukan SMP Tazkia memiliki latar belakang yang menjadi landasan modernisasi kurikulum, latar belakang tersebut muncul dari prinsip Tazkia yang ingin memberikan pendidikan yang menyeluruh (holistic) dan berimbang (balanced), dimana tujuan pendidikan tersebut akan tercapai dengan banyak evaluasi dan inovasi setelahnya, salah satunya adalah modernisasi kurikulum PAI di SMP Tazkia. Tazkia mengalami perubahan kurikulum sebanyak dua kali, dimana pada tahun 2014-2017 menerapkan kurikulum yang dibuat oleh Tazkia dengan mengadopsi materi-materi yang dianggap relevan dari pesantren lain, lalu pada tahun 2017-2018 menggunakan kurikulum Manhjai, perubahan kurikulum yang terjadi kali ini merupakan perubahan kurikulum sebagian, karna Tazkia tetap mempertahankan modul lama dengan disisipi metode Manhaji. Setalah itu pada tahun 2018-sekarang SMP Tazkia menggunakan kurikulum Al-Azhar sebagai kurikulum PAI nya, perubahan ini meripakan perubahan yang menyeluruh. Modernisasi kurikulum yang terjadi di Tazkia merupakan sebuah strategi untuk mendapatkan kurikulum yang ideal. Namun penerapan kurikulum baru juga tidak selalu mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dan pendidik, banyak kendala yang dialami SMP Tazkia sehingga harus melahirkan strategi yang matang untuk memudahkan penerapan kurikulum baru ini, salah satunya adalah dengan meringkas materi-materi dari Al-Azhar. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan modernisasi kurikulum adalah melihat situasi dan kondisi yang ada. Sehingga lembaga sudah mempersiapkan strategi yang matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModernisasien_US
dc.subjectKurikulum Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleModernisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Tazkia Internasional Islamic Boarding School, DauMalangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record