Modernisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Tazkia Internasional Islamic Boarding School, DauMalang
Abstract
Salah satu aspek penting yang bersifat universal dan berlangsung secara terus
menerus dibelahan dunia manapun adalah pendidikan. Pendidikan memiliki keterkaitan
erat dengan setiap perubahan sosial, baik dalam dinamika individu ataupun dalam
interaksi sosial yang memiliki skala lebih besar. Dan untuk tercapainya suatu
pendidikan yang ideal banyak aspek yang harus diperhatikan, salah satunya adalah
kurikulum. Kurikulum yang menjadi inti dari pendidikan tidak bisa dibiarkan berhenti
pada satu titik atau tidak berkembang, perubahan zaman menuntut semua penggelut
dunia pendidikan untuk lebih mengerti bagaimana kurikulum yang efisien yang
seharusnya diberikan pada peserta didik sesuai dengan kondisi yang ada. Hal itu juga
berlaku pada semua lembaga pendidikan, salah satunya Lembaga Pendidikan Islam
Melihat dewasa ini semua aspek kehidupan didunia semakin berkembang mengikuti
perkembangan zaman, kesiapan memtal dan intelektual generasi kedepan yang akan
menghadapi tantangan zaman itu pasti akan sangat bergantung pada mutu pendidikan
sekarang, sehingga memodernisasikan kurikulum merupakan langkah yang perlu
dipertimbangkan oleh setiap lembaga pendidikan. Hal itulah yang melatarbelakangi
Tazkia Internasioal Islamic Boarding School memodernisasikan kurikulum Pendidikan
Agama Islam.
Berdasarkan obervasi awal, bahwasannya Tazkia IIBS Malang ini telah
melakukan perubahan kurikulum PAI nya sebanyak 3 kali dalam usia Tazkia yang
cukup muda, yakni 7 tahun semenjak berdirinya pada tahun 2014. Tazkia sendiri sudah
menjadi lembaga pendidikan bertaraf Internasional dan sudah berhasil menarik minat
para calon penuntut ilmu dengan prestasi-prestasi yang terus didapatkan. Hal itu tidak
terlepas dari bagaimana kurikulum yang diajarkan didalam Tazkia sendiri sehingga
dapat menghasikan output-output yang dapat bersaing dengan banyak lembaga lain
bahkan ke taraf Internasional. Melihat perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi
didalamnya dalam kurun waktu singkat dan tetap stabil dalam proses belajar mengajar
ini melahirkan pertanyaan, bahwa kurikulum sperti apalagi yang sedang dicari oleh
sekolah yang sudah bertaraf internasional ini.
Dari latar belakang diatas, peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai bagaimana
proses perencanaan modernisasi kurikulum, bentuk modernisasi kurikulum dan
implementasi modernisasi kurikulum Sekolah Menengah Pertama Pendidikan Agama
Islam di Tazkia Internasional Islamic Boarding School.
vi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses
modernisasi kurikululum PAI, bentuk modernisasi kurikulum PAI dan terakhir
bagaimana implementasi modernisasi kurikulum PAI di SMP Tazkia IIBS Malang.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Untuk
mendapatkan data yang dibutuhkan, prosedur pengumpulan data dilakukan peneliti
dengan metode observasi dimana peneliti melakukan pengamatan mendalam mengenai
modernisasi kurikulum ini, lalu metode wawancara dengan narasumber yang sesuai atau
memahami mengenai kurikulum yang ada, dan terakhir menggunakan metode
dokumentasi yakni mencari data yang berupa catatan, transkip, laporan agenda dan
sebagainya.
Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan data bahwa modernisasi kurikulum
yang dilakukan SMP Tazkia memiliki latar belakang yang menjadi landasan
modernisasi kurikulum, latar belakang tersebut muncul dari prinsip Tazkia yang ingin
memberikan pendidikan yang menyeluruh (holistic) dan berimbang (balanced), dimana
tujuan pendidikan tersebut akan tercapai dengan banyak evaluasi dan inovasi
setelahnya, salah satunya adalah modernisasi kurikulum PAI di SMP Tazkia. Tazkia
mengalami perubahan kurikulum sebanyak dua kali, dimana pada tahun 2014-2017
menerapkan kurikulum yang dibuat oleh Tazkia dengan mengadopsi materi-materi yang
dianggap relevan dari pesantren lain, lalu pada tahun 2017-2018 menggunakan
kurikulum Manhjai, perubahan kurikulum yang terjadi kali ini merupakan perubahan
kurikulum sebagian, karna Tazkia tetap mempertahankan modul lama dengan disisipi
metode Manhaji. Setalah itu pada tahun 2018-sekarang SMP Tazkia menggunakan
kurikulum Al-Azhar sebagai kurikulum PAI nya, perubahan ini meripakan perubahan
yang menyeluruh. Modernisasi kurikulum yang terjadi di Tazkia merupakan sebuah
strategi untuk mendapatkan kurikulum yang ideal. Namun penerapan kurikulum baru
juga tidak selalu mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dan pendidik, banyak
kendala yang dialami SMP Tazkia sehingga harus melahirkan strategi yang matang
untuk memudahkan penerapan kurikulum baru ini, salah satunya adalah dengan
meringkas materi-materi dari Al-Azhar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan modernisasi kurikulum adalah
melihat situasi dan kondisi yang ada. Sehingga lembaga sudah mempersiapkan strategi
yang matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.