Show simple item record

dc.contributor.authorFira, Mifa Yunansa
dc.date.accessioned2024-09-29T13:45:08Z
dc.date.available2024-09-29T13:45:08Z
dc.date.issued2024-06-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10207
dc.description.abstractModel pembelajaran memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan menangkap pelajaran oleh siswa dapat dipengaruhi dari pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran yang ditetapkan akan tercapai. Model pembelajaran merupakan suatu proses penyajian sistematis dalam merancang pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang berfungsi sebagai panduan untuk perancang pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif merupakan proses pembelajaran secara berpasangan dan bergantian secara lisan merangkum materi pembelajaran. Seperti yang sudah dilakukan oleh SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, menerapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, dan untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data atau display, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu” adalah perencanaan model pembelajaran kooperatif guru mempersiapkan pembelajaran dan menyusun perangkat pembelajaran. Pada penerapan model pembelajaran kooperatif guru menyampaikan materi pembelajaran, menggunakan beberapa metode pembelajaran, dan pembagian kelompok. Sedangkan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif guru menggunakan teknik evaluasi yang digunakan dalam mengevaluasi siswa dan terjadinya perubahan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI.   Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record