Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu
Abstract
Model pembelajaran memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan menangkap pelajaran oleh siswa dapat dipengaruhi dari pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran yang ditetapkan akan tercapai. Model pembelajaran merupakan suatu proses penyajian sistematis dalam merancang pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang berfungsi sebagai panduan untuk perancang pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif merupakan proses pembelajaran secara berpasangan dan bergantian secara lisan merangkum materi pembelajaran. Seperti yang sudah dilakukan oleh SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, menerapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu, dan untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data atau display, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu” adalah perencanaan model pembelajaran kooperatif guru mempersiapkan pembelajaran dan menyusun perangkat pembelajaran. Pada penerapan model pembelajaran kooperatif guru menyampaikan materi pembelajaran, menggunakan beberapa metode pembelajaran, dan pembagian kelompok. Sedangkan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif guru menggunakan teknik evaluasi yang digunakan dalam mengevaluasi siswa dan terjadinya perubahan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif