Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan (Ecopedagogy) di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari
Abstract
Sekolah Dasar Islam (SDI) Bani Hasyim Singosari merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan Islam dengan pendidikan lingkungan. Dikarenakan masalah lingkungan dan perilaku manusia sangat erat kaitannya, maka sangat penting untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan melalui pendidikan. Penelitian ini berfokus tentang bagaimana pengembangan Pendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari? dan bagaimana peran Pendidikan Agama Islam dalam pelestarian lingkungan hidup di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari? serta memiliki tujuan untuk menjelaskan lebih dalam seperti apa pengembangan Pendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan (ecopedagogy) dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pelestarian lingkungan hidup di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari.
Penelitian ini akan mengeksplorasi implementasi dan dampak dari pendekatan ini dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama Islam sekaligus kesadaran mereka terhadap peduli akan lingkungan Singosari melalui metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Salah satu studi lapangan yang penting dalam konteks ini adalah sekolah ini mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari tidak hanya mengajarkan nilai-nilai keagamaan dalam peduli terhadap lingkungan, tetapi juga memberikan pemahaman yang dalam tentang tanggung jawab manusia sebagai khalifah (pengelola) bumi. Kemudian Program pendidikan tersebut mendorong siswa untuk memahami hubungan antara manusia dan alam, serta mengajarkan praktik-praktik yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan Ecopedagogy, Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari menghasilkan siswa yang tidak hanya paham akan ajaran agama Islam, tetapi juga menghasilkan siswa yang peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.
Kata Kunci: Ecopedagogy, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Lingkungan