Peran Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang
Abstract
Peneliti melaksanakan observasi mengenai peran sekolah dalam pembentukan karakter religius, dalam hal ini yang menjadi lokasi penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti berada di SMKN 4 MALANG, ketika peneliti melaksanakan observasi pada lokasi penelitian tersebut, peneliti menemukan sebuah fenomena terkait penanganan atau peran sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik, yang notabenenya pada sekolah tersebut dikategorikan sebagai sekolah umum yang artinya tidak hanya berfokus pada satu agama saja. Pembentukan karakter sendiri bagi peserta didik merupakan suatu yang penting yang tidak bosa dihindarkan, melihat apabila peserta didik memiliki waktu yang banyak dalam lingkungan sekolah, sehingga hal ini tidak memungkinkan bagi lembaga pendidikan atau sekolah tidak memperhatikan tentang pembentukan sebuah karakter peserta didik. Namun dalam peran pembentukan karakter yang dimaksud peneliti berfokus pada pembentukan karakter religius. Peneliti menemukan fenomena adanya sistem pembiasaan dalam sekolah mengenai keagamaan, mulai dari pembiasaan dalam beribadah, ataupun yang lain terkait agama, tentunya dalam lembaga tersebut memiliki beberapa orang ahli dalam berbagai jenis agama. Peneliti mengetahui kurang aktifnya peserta didik dalam melaksanakan kegiatan keagamaan atau kurangnya karakter positif dari peserta didik. Sehingga berdasarkan hasil observasi peneliti. Tujuan dari penelitian ini (1) Peran Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) metode yang digunakan sekolah dalam membentuk karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang, (3) Mengetahui hasil pembentukan karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian yaitu SMKN 4 Malang. Pengumpulan data penelitian melewati beberapa produser atau tahapan mulai dari observasi, wawancara, dan selanjutnya dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengambilan data atau temuan data yang paling penting sehingga nantinya dapat dipilah mengenai temuan data tersebut yang selanjutnya akan dilaksanakan penarikan kesimpulan, untuk mengecek keabsahan data dilakukan wawancara secara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan teman sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh mengenai “Peran Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang” sebagai berikut : (1) Peran sekolah dalam membentuk karakter religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 4 Malang secara garis besar yaitu membentuk budaya religius dengan melaksanakan kegiatan beribadah secara disiplin seperti sholat tepat waktu dan berjamaah di masjid, mendukung kegiatan PHBI yang akan mengingatkan peseta didik terkair hari-hari besar Islam, menjadikan peserta didik yang berwirausaha yang artinya bersikap mandiri dan tanggung jawan penuh, mencetak peserta didik yang berkarakter yang artinya mempunyai sikap moral yang baik dalam kehidupan baik dalam sekolah maupun luar sekolah. (2) adapun metode yang digunakan sebagai bentuk peran sekolah dalam pembentukan karakter siswa yakni metode qishah, metode amstal, metode uswah, metode pembiasaan, metode Targhin dan Tarhib. (3) Hasil dari Pembentukan karakter religius siswa yakni dengan adanya peran sekolah dalam pembentukan karakter religius siswa maka mendapatkan hasil berupa tumbuhnya sikap akhlakul karimah pada peserta didik yang artinya memiliki adab dan akhlak yang baik, dan dengan adanya metode serta peran sekolah dalam pembentukan karakter religius siswa maka akan munculnya sikap disiplin siswa dalam melaksanakan sesuatu baik otu perintah, tugas, atau yang lain yang sesuai untuk pembentukan karakter religius siswa itu sendiri. Tidk hanya itu hasilnya juga menjadikan peserta didik memiliki sikap jujur akan sesuatu baik dari ucapan, maupun perbuatan, karena dari hasil peran sekolah dalam pembentukan karakter religius siswa juga berdampak pada aktifnya peserta didik dalam kegiatan keagamaan sehingga akan meningkatkan kualitas peserta didik yang notabenenya hidup dalam lingkungan beragama.
Kata Kunci: Peran, Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama Islam