Show simple item record

dc.contributor.authorHusna, Naila Adibatul
dc.date.accessioned2020-12-21T02:07:08Z
dc.date.available2020-12-21T02:07:08Z
dc.date.issued2020-08-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1020
dc.description.abstractTujuan peneitian ini adalah untuk menganailis bagaimana proses pembelajran Pendidikn Agama Islam terutama pada pembelajaran Al-Qur’an SMK YPM 12 Tuban. menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tuis Al-Qur’an siswa kelas X SMK YPM 12 Tuban, dan mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam upaya mningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa Kelas X SMK YPM 12 Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, menggunakan metode wawancara dan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikas, sedangkan uji keabsahan datanya dengan uji kredibilitas data (uji ketekunan), triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Dari hasil temuan penelitian didapatkan bahwa upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMK YPM 12 Tuban dengan mengadakan pelatihan mengaji (Baca Tulis AlQur’an)di luar jam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dua kali dalam seminggu yaitu pada hari selasa dan kamis. Proses pembelajarannya menggunakan sistem kelompok berdasarkan tingkat kemampuan masing-masing siswa (Tidak bisa, bisa dan lancar). Kegiatan pelatihan mengaji di SMK YPM 12 Tuban dibimbing langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam dan juga mendatangkan guru dari luar sekolah.Siswa dibimbing mulai dari tahap dasar yaitu pengenalan huruf hijaiyyah meliputi pelafalan makhorijul huruf hingga penulisan huruf hijaiyyah bentuk tunggal dan cara menyambung huruf hijaiyyah. Guru Pendidikan Agama Islam memberikan soal imlak kepada siswa untuk mengevaluasi siswa agar mengetahui sudah sejauh mana kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an. Adapun faktor penghambat dan pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa keas X adalah kurangnya kemauan siswa dalam belajar baca Tulis Al-Qur’an dan kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectGuru Pndidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBaca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X SMK YPM 12 Tubanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record