Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X SMK YPM 12 Tuban
Abstract
Tujuan peneitian ini adalah untuk menganailis bagaimana proses
pembelajran Pendidikn Agama Islam terutama pada pembelajaran Al-Qur’an
SMK YPM 12 Tuban. menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kemampuan Baca Tuis Al-Qur’an siswa kelas X SMK YPM 12
Tuban, dan mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam upaya
mningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa Kelas X SMK YPM 12
Tuban.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, menggunakan metode
wawancara dan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisis
data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikas, sedangkan uji keabsahan datanya dengan uji
kredibilitas data (uji ketekunan), triangulasi, dan diskusi teman sejawat.
Dari hasil temuan penelitian didapatkan bahwa upaya guru pendidikan
agama islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas
X SMK YPM 12 Tuban dengan mengadakan pelatihan mengaji (Baca Tulis AlQur’an)di luar jam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kegiatan tersebut
dilakukan secara rutin dua kali dalam seminggu yaitu pada hari selasa dan
kamis. Proses pembelajarannya menggunakan sistem kelompok berdasarkan
tingkat kemampuan masing-masing siswa (Tidak bisa, bisa dan lancar).
Kegiatan pelatihan mengaji di SMK YPM 12 Tuban dibimbing
langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam dan juga mendatangkan guru dari
luar sekolah.Siswa dibimbing mulai dari tahap dasar yaitu pengenalan huruf
hijaiyyah meliputi pelafalan makhorijul huruf hingga penulisan huruf hijaiyyah
bentuk tunggal dan cara menyambung huruf hijaiyyah. Guru Pendidikan Agama
Islam memberikan soal imlak kepada siswa untuk mengevaluasi siswa agar
mengetahui sudah sejauh mana kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an.
Adapun faktor penghambat dan pendukung dalam upaya meningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa keas X adalah kurangnya kemauan
siswa dalam belajar baca Tulis Al-Qur’an dan kurangnya motivasi dan dukungan
dari orang tua siswa.