Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang.

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Hesti Dwi
dc.date.accessioned 2020-12-21T02:07:37Z
dc.date.available 2020-12-21T02:07:37Z
dc.date.issued 2020-08-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1021
dc.description.abstract Akhlak merupakan hal yang paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Pembinaan akhlak memiliki fungsi dalam usaha pencegahan efek negatif yang ditimbulkan dari perkembangan zaman sekarang ini. Perkembangan zaman telah mengubah gaya hidup seseorang, terutama dikalangan pelajar. Kebanyakan pelajar sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan di era globalisasi saat ini. Kehidupan pelajar pun sering dihadapkan pada permasalahan yang begitu kompleks. Mulai dari semakin menurunya etika kehidupan sosial dan etika moral dalam praktik kehidupan. Baik di dalam rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya upaya efektif dalam pembinaan akhlak siswa disekolah. Salah satunya melalui kegiatan keagamaan yang diselenggarakan disekolah yakni kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) yang telah diterapkan di MAN 1 Kota Malang. Meskipun kegiatan ekstakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) ini sudah diterapkan, tidak menutup kemungkinan bahwa tidak semua pelajar mau mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Adapun fokus penelitian pada penelitian ini yaitu bagaimana akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, kemudian bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di MAN 1 Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, mengetahui kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di MAN 1 Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, menggunakan metode wawancara tidak terstruktur dan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif induktif melalui proses pereduksian data (data reduction), kemudian penyajian data (data display), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan datanya dengan memperpanjang keikut sertaan, observasi mendalam, triangulasi dan menggunakan kecukupan referensial. Dari hasil temuan penelitian didapatkan bahwa akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang secara keseluruhan memiliki akhlak yang baik, meski sebagian masih menunjukkan perilaku sebaliknya. Hal ini dapat terus diperbaiki melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam yang menjadi titik sentral dari kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di MAN 1 Kota Malang mulai dari kegiatan harian, mingguan, bulanan dan insidental. Faktor yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) yaitu keinginan dan minat dari pribadi siswa, tanggung jawab pengurus akan amanah yang diberikan, sarana prasarana yang mendukung, tumbuhnya rasa kepedulian dan kepemilikan terhadap BDI dan dukungan dari seluruh pihak, lembaga/yayasan, serta Bapak/ibu guru yang ikhlas dan sabar dalam membina akhlak siswa. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam yaitu masalah administrasi/ pendanaan, miskomunikasi dan kurangnya partisipasi penuh dari keseluruhan siswa. Simpulan penelitian ini, akhlak siswa MAN 1 Kota Malang sudah baik secara keseluruhan meski sebagian kecil masih menunjukkan akhlak yang kurang baik, pembinaan akhlak siswa dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) yang merupakan titik sentral kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di MAN 1 Kota Malang. Serta faktor pendukung yaitu minat siswa, tanggung jawab pengurus, sarana prasarana, rasa kepedulian terhadap BDI, dan dukungan seluruh pihak terutama Bapak/ibu guru, sedangkan faktor penghambat yaitu pendanaan, miskomunikasi dan kurangnya partisipasi dari keseluruhan siswa. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu diharapkan adanya peningkatan pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di MAN 1 Kota Malang dapat tercapai dengan baik untuk mendidik peserta didiknya menjadi insan yang bertaqwa dan berakhlakul karimah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.subject Kegiatan Ekstrakurikuler en_US
dc.title Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account