Abstract:
Akhlak merupakan hal yang paling penting dalam mencapai tujuan
pendidikan Islam. Pembinaan akhlak memiliki fungsi dalam usaha pencegahan
efek negatif yang ditimbulkan dari perkembangan zaman sekarang ini.
Perkembangan zaman telah mengubah gaya hidup seseorang, terutama dikalangan
pelajar. Kebanyakan pelajar sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi yang
ditawarkan di era globalisasi saat ini. Kehidupan pelajar pun sering dihadapkan
pada permasalahan yang begitu kompleks. Mulai dari semakin menurunya etika
kehidupan sosial dan etika moral dalam praktik kehidupan. Baik di dalam rumah,
sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya upaya
efektif dalam pembinaan akhlak siswa disekolah. Salah satunya melalui kegiatan
keagamaan yang diselenggarakan disekolah yakni kegiatan ekstrakurikuler Badan
Dakwah Islam (BDI) yang telah diterapkan di MAN 1 Kota Malang.
Meskipun kegiatan ekstakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) ini sudah
diterapkan, tidak menutup kemungkinan bahwa tidak semua pelajar mau
mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Adapun fokus penelitian pada penelitian
ini yaitu bagaimana akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, kemudian bagaimana
kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam dalam membina akhlak siswa di
MAN 1 Kota Malang, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan
ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di MAN 1 Kota Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di MAN 1
Kota Malang, mengetahui kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI)
dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Kota Malang, serta faktor pendukung
dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam di MAN 1 Kota
Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, menggunakan
metode wawancara tidak terstruktur dan menggunakan metode dokumentasi.
Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif induktif melalui
proses pereduksian data (data reduction), kemudian penyajian data (data display),
dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji
keabsahan datanya dengan memperpanjang keikut sertaan, observasi mendalam,
triangulasi dan menggunakan kecukupan referensial.
Dari hasil temuan penelitian didapatkan bahwa akhlak siswa di MAN 1
Kota Malang secara keseluruhan memiliki akhlak yang baik, meski sebagian
masih menunjukkan perilaku sebaliknya. Hal ini dapat terus diperbaiki melalui
kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam yang menjadi titik sentral
dari kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di MAN 1 Kota Malang mulai
dari kegiatan harian, mingguan, bulanan dan insidental.
Faktor yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam
(BDI) yaitu keinginan dan minat dari pribadi siswa, tanggung jawab pengurus
akan amanah yang diberikan, sarana prasarana yang mendukung, tumbuhnya rasa
kepedulian dan kepemilikan terhadap BDI dan dukungan dari seluruh pihak,
lembaga/yayasan, serta Bapak/ibu guru yang ikhlas dan sabar dalam membina
akhlak siswa. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler Badan
Dakwah Islam yaitu masalah administrasi/ pendanaan, miskomunikasi dan
kurangnya partisipasi penuh dari keseluruhan siswa.
Simpulan penelitian ini, akhlak siswa MAN 1 Kota Malang sudah baik
secara keseluruhan meski sebagian kecil masih menunjukkan akhlak yang kurang
baik, pembinaan akhlak siswa dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Badan
Dakwah Islam (BDI) yang merupakan titik sentral kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan di MAN 1 Kota Malang. Serta faktor pendukung yaitu minat
siswa, tanggung jawab pengurus, sarana prasarana, rasa kepedulian terhadap BDI,
dan dukungan seluruh pihak terutama Bapak/ibu guru, sedangkan faktor
penghambat yaitu pendanaan, miskomunikasi dan kurangnya partisipasi dari
keseluruhan siswa.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu diharapkan adanya
peningkatan pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Badan
Dakwah Islam di MAN 1 Kota Malang dapat tercapai dengan baik untuk
mendidik peserta didiknya menjadi insan yang bertaqwa dan berakhlakul karimah.