Show simple item record

dc.contributor.authorRochmah, Alviatul Chafidzotur
dc.date.accessioned2024-10-01T02:45:20Z
dc.date.available2024-10-01T02:45:20Z
dc.date.issued2024-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10221
dc.description.abstractPerkembangan kecerdasan emosional berperan penting terhadap kemampuan siswa untuk meningkatkan prestasi. Namun, perkembangan kecerdasan emosional pada siswa MTs belum optimal dan terarah sesuai nilai-nilai dalam Agama Islam. Peran guru sangat penting untuk memberikan panduan dan dorongan kepada siswa agar dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTs AlMa’arif 01 Singosari, mendeskripsikan implementasinya dan mendeskripsikan implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMa’arif 01 Singosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada peran guru dalam memberikan pembelajaran aqidah akhlak. Sumber data primer berasal dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder adalah dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara tidak terstruktur, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMaarif 01 Singosari adalah sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, teladan, motivator, dan evaluator. Kemudian, Implementasinya adalah menyampaikan materi aqidah akhlak dan nilai-nilai rahmatan lil alamin; melakukan pembiasaan melalui kegiatan zikir, membaca doa, istighosah rutin; menunjukkan keteladanan dalam sikap sabar, sikap pemaaf, sikap husnudzon; serta melaksanakan kegiatan pembelajaran berkelompok yaitu berdiskusi, menggalang bantuan untuk teman yang tertimpa musibah, menjenguk teman yang sakit, dan membantu teman yang kesulitan belajar melalui kerja kelompok. Implikasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMaarif 01 Singosari adalah menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, mengurangi sifat-sifat buruk, mengembangkan empati dan kepekaan sosial, memupuk motivasi belajar, dan mengembangkan karakter islami.   Kata Kunci : Peran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosionalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa MTS Almaarif 01 Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record