View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa MTS Almaarif 01 Singosari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.844Mb)
Fulltext (3.732Mb)
Date
2024-05-22
Author
Rochmah, Alviatul Chafidzotur
Metadata
Show full item record
Abstract
Perkembangan kecerdasan emosional berperan penting terhadap kemampuan siswa untuk meningkatkan prestasi. Namun, perkembangan kecerdasan emosional pada siswa MTs belum optimal dan terarah sesuai nilai-nilai dalam Agama Islam. Peran guru sangat penting untuk memberikan panduan dan dorongan kepada siswa agar dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTs AlMa’arif 01 Singosari, mendeskripsikan implementasinya dan mendeskripsikan implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMa’arif 01 Singosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada peran guru dalam memberikan pembelajaran aqidah akhlak. Sumber data primer berasal dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder adalah dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara tidak terstruktur, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMaarif 01 Singosari adalah sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, teladan, motivator, dan evaluator. Kemudian, Implementasinya adalah menyampaikan materi aqidah akhlak dan nilai-nilai rahmatan lil alamin; melakukan pembiasaan melalui kegiatan zikir, membaca doa, istighosah rutin; menunjukkan keteladanan dalam sikap sabar, sikap pemaaf, sikap husnudzon; serta melaksanakan kegiatan pembelajaran berkelompok yaitu berdiskusi, menggalang bantuan untuk teman yang tertimpa musibah, menjenguk teman yang sakit, dan membantu teman yang kesulitan belajar melalui kerja kelompok. Implikasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs AlMaarif 01 Singosari adalah menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, mengurangi sifat-sifat buruk, mengembangkan empati dan kepekaan sosial, memupuk motivasi belajar, dan mengembangkan karakter islami.   Kata Kunci : Peran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10221
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group