View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru dalam Menerapkan Reward dan Punishment pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di MAN 2 Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.639Mb)
Fulltext (4.620Mb)
Date
2024-07-19
Author
Anisah, Siti
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini mengupas tentang strategi yang dilakukan guru dalam memberikan reward dan punishment dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada siswa di MAN 2 Kota Malang. Peneliti bertujuan untuk mengetahui jenis reward dan punishment yang digunakan guru, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penerapannya, dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif, melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai bentuk reward, seperti pujian lisan, pemberian nilai bagus, dan pemberian keistimewaan khusus. Punishment yang digunakan antara lain teguran lisan, pengurangan nilai, dan larangan hukuman fisik yang berlebihan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan guru dalam memberikan reward dan punishment meliputi perilaku siswa, prestasi akademik, kehadiran dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Guru bertujuan untuk memberikan reward untuk memperkuat perilaku positif dan punishment untuk mengatasi perilaku negatif, dengan tujuan akhir meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan reward dan punishment memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Hadiah memotivasi siswa untuk mempertahankan perilaku yang baik dan meningkatkan kinerja akademik mereka, sementara hukuman membantu mereka mencegah tindakan yang tidak diinginkan dan mendorong kepatuhan terhadap peraturan kelas. Namun, peneliti menekankan pentingnya proporsionalitas dan keadilan dalam penerapan strategi tersebut, serta mempertimbangkan perbedaan individu dan keadaan setiap siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif melalui penggunaan reward dan punishment secara strategis. Studi ini memberikan wawasan tentang implementasi praktis dari pendekatan-pendekatan ini dan pengaruhnya terhadap keterlibatan siswa dan prestasi akademik dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Reward, Punishment, PAI.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10251
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group