dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat beberapa siswa yang menunjukan perilaku kurang terpuji. Sebagian siswa MTs Al-Ittihad ada yang kurang disiplin dan tidak tanggung jawab. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang 1) bagaimana kondisi karakter disiplin siswa, 2) bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa 3) apa saja peran guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad Belung?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terhadap 1) kondisi karakter disiplin siswa, 2) strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa, 3) peran guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad Belung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengadopsi pendekatan study kasus, dilaksanakan di MTs Al-Ittihad Belung. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad cukup baik dalam hal kedisiplinan waktu, namun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk peningkatannya.; 2) Strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melibatkan pendekatan menyeluruh dan konsisten, termasuk strategi keteladanan, pembiasaan, dan konsistensi dalam penegakan aturan, serta pendekatan religius dan edukatif dalam memberikan sanksi; 3) Peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa mencakup pengajaran yang menyertakan pendidikan karakter, pembimbingan melalui kegiatan keagamaan, dan pelatihan yang memadukan teori dan praktik.
Kata kunci : Peran, Guru, Karakter Disiplin | en_US |