View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di Mts Al-Ittihad Belung Poncokusumo Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.399Mb)
Fulltext (4.517Mb)
Date
2024-07-26
Author
Mahfudhoh, Nailul
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat beberapa siswa yang menunjukan perilaku kurang terpuji. Sebagian siswa MTs Al-Ittihad ada yang kurang disiplin dan tidak tanggung jawab. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang 1) bagaimana kondisi karakter disiplin siswa, 2) bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa 3) apa saja peran guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad Belung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terhadap 1) kondisi karakter disiplin siswa, 2) strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa, 3) peran guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad Belung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengadopsi pendekatan study kasus, dilaksanakan di MTs Al-Ittihad Belung. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi karakter disiplin siswa di MTs Al-Ittihad cukup baik dalam hal kedisiplinan waktu, namun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk peningkatannya.; 2) Strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melibatkan pendekatan menyeluruh dan konsisten, termasuk strategi keteladanan, pembiasaan, dan konsistensi dalam penegakan aturan, serta pendekatan religius dan edukatif dalam memberikan sanksi; 3) Peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa mencakup pengajaran yang menyertakan pendidikan karakter, pembimbingan melalui kegiatan keagamaan, dan pelatihan yang memadukan teori dan praktik.   Kata kunci : Peran, Guru, Karakter Disiplin
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10252
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group