Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas VII di MTs Darun Najah Krangploso Malang
Abstract
Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka menghadirkan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan sebab kurikulum tersebut bersifat baru, dengan fokus pada pembelajaran intrakurikuler yang beragam untuk memperdalam konsep dan memperkuat kompetensi siswa. Implementasinya di MTs Darun Najah Krangploso Malang menghadapi berbagai problematika, termasuk kesulitan dalam perencanaan dan pelaksanaan metode pembelajaran, keterbatasan sumber daya dan fasilitas, serta adaptasi terhadap teknologi. Adapun Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggali informasi terkait penerapan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah, mengetahui apa saja problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah, serta mengetahui solusi dalam mengatasi problematika dalam penerapan merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis penelitian dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, metode wawancara dengan melakukan tanya jawab untuk mendapatkan informasi terkait fokus dan tujuan penelitian dan metode dokumentasi yang dapat diperoleh melalui dokumen-dokumen dari tempat penelitian. Dalam penelitian analisis data dilakukan dengan mengkondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti bahwasannnya penerapan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah Krangploso MalangKrangploso Malangmemiliki beberapa tahapan seperti: persiapan dan perencanaan penerapan kurikulum merdeka, pelaksanaan pembelajaran penerapan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah Krangploso Malang serta efektivitas kurikulum merdeka dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum merdeka pada Siswa Kelas VII di MTs Darun Najah Krangploso Malang diantaranya; kesulitan guru SKI dalam menyusun perangkat pembelajaran, keterbatasan fasilitas, penilaian pembelajaran yang beragam, serta kesulitan siswa dalam beradaptasi dengan kurikulum merdeka yang terbilang baru. Dan terdapat solusi guru dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di MTs Darun Najah, diantaranya mengikuti pelatihan atau workshop tentang konsep kurikulum merdeka, menyesuaikan bahan ajar dengan konsep kurikulum merdeka dengan meningkatkan fasilitas yang mendukung dengan kurikulum merdeka, serta pengelolaan waktu yang efesien dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Kata Kunci: Problematika, Guru SKI, Kurikulum Merdeka