Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Atap Gunungsari Kota Batu
Abstract
Pendidikan adalah proses perubahan yang terjadi pada perilaku sebagai akibat dari pembelajaran suatu hal, pengalaman dan latihan. Begitu pula pada pendidikan karakter dibicarakan di kalangan pendidik. Pendidikan karakter mampu meningkatkan mutu pendidikan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, seperti pendidikan karakter tanggung jawab. Tujuan dari pembentukan tanggung jawab adalah membangun kesadaran seseorang akan kewajiban untuk menanggung segala akibat dari sesuatu yang telah diperbuatnya. Namun dalam melaksanakan tanggung jawab ada krisis tanggung jawab yang menimpa kalangan peserta didik.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni perencanaan implementasi nilai karakter tanggung jawab pada peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu, pelaksanaan implementasi nilai karakter tanggung jawab pada peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu, dan evaluasi implementasi nilai karakter tanggung jawab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan perencanaan, dan evaluasi implementasi nilai tanggung jawab Pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, metode observasi, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku, makalah, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Analisi data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data dan veryfing. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan dalam pengumpulan data, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.
Dalam penelitian ini, Data yang dipaparkan berkaitan dengan fokus penelitian yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu, antara lain yaitu pertama, perencanaan penanaman sikap tanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam, kedua pelaksanaan dan strategi dalam menanamkan sikap tanggung jawab guna membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam, dan yang ketiga, evaluasi dari penanaman sikap tanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Atap Gunungsari Batu.
Berdasarkan usaha-usaha yang didapat dari penelitian dari sekolah dilakukannya dengan memberikan pemahaman dan kejadian nyata terkait sikap tanggung jawab, memaksimalkan kegiatan-kegiatan sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler, penyusunan program sekolah seperti modul ajar dan rencana pelaksanaan pembelajaran sikap tanggung jawab dengan dilakukannya strategi pembiasaan tanggung jawab, dan strategi keteladanan. Untuk membentuk karakter tanggung jawab maka dilakukannya evaluasi seperti pelaksanaan sholat wajib dan kegiatan amal jumat, dan saling mengingatkan akan kesadaran tanggung jawab.
Faktor-faktor yang mendukung usaha-usaha di atas yakni adanya dukungar dari semua pihak, lembaga/yayasan, guru, siswa, masyarakat dan lingkungan sosial sehingga semua program bisa berjalan dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah keadaan latar belakang pendidikan dan budaya,kurang sarana prasarana pendukung,masalah pendanaan/pembiayaan. Hal yang harus diperhatikan sebagai saran-saran yaitu sekolah sebaiknya mengadakan program-program pembinaan dalam membentuk karakter bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk karakter yang baik bagi para siswa, serta memberikan pelatihan khusus kepada setiap guru terkait pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap bertanggung jawab.
Kata Kunci: Implementasi Pendidikan, Karakter Tanggung Jawab