dc.description.abstract | Ilmu dan pengetahuan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan sangat
berpengaruh terhadap kualitas kehidupan individunya. Sebagai makhluk hidup
yang terus berdampingan dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang tanpa ada
batasnya maka manusia harus mampu mengimbanginya dengan ilmu dan
pengetahuan agar mampu berjalan beriringan tanpa terpenagruh dengan dampakdampak negatif yang ditimbulkan dari hal tersebut. Maka dengan inilah
dibutuhkan adanya proses belajar dan mengajar dalam kehidupan setiap
individunya.
Dalam berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar tentunya sangat
dibutuhkan pula akan keberadaan materi pembelajaran, metode belajar dan
startegi belajar. Kegiatan belajar mengajar akan lebih sempurna apabila
disandarkan pada sumber-sumber hukum agama islam, diantaranya yaitu AlQur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5. Namun tidak akan sempurna dalam memahami AlQur’an apabila tidak berpijak terhadap tafsir para ulama’. Maka dengan ini
penulis memilih tafsir Al-Misbah sebagai bahan kajian dengan pertimbangan
bahwa tafsir Al-Misbah merupakan salah satu tafsir Al-Qur’an karya ulama’ asal
Indonesia beliau adalah M. Quraisy Shihab.
Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diambil yakni
tentang materi belajar yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5, serta metode
dan strategi pembelajaran yang dapat ditari dari tafsir surat Al-‘Alaq ayat 1-5.
Adapun tujuan dari kajian tersebut diantaranya adalah untuk
mendeskripsikan materi pembelajaran yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5
serta untuk mendeskripsikan metode dan startegi pembelajaran yang terdapat pada
surat Al-‘Alaq ayat 1-5.
Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan maka dapat diketahui bahwa
materi pembelajaran yang disampaikan dalam surat Al-‘Alaq adalah materi
ketauhidan, hal ini dapat diketahui dengan adanya perintah membaca yang disertai
dengan perintah untuk menyebut asma Allah. Dalam artian sebagai umat muslim
setiap akan mengawali segala kegiatan hendaknya untuk selalu mengawali dengan
menyebut asma Allah dan kegiatan tersebut ditujukan hanya kepada Allah, dan
dijelaskan pula bahwa Allah adalah dzat yang telah menciptakan semua makhluk.
Metode pembelajaran yang dapat disimpulkan dari kajian tafsir surat Al-‘Alaq
ayat 1-5 adalah metode pengulangan. Analisis ini dapat dibuktukan dengan
adanya perintah membaca yang disebutkan sebanyaj dua kali, yakni pada ayat
pertama dan ayat ketiga. Metode pengulangan ini dapat dilakukan di semua materi
belajar dan sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya pengulangan
materi belajar siswa mampu meningkatkan tingkat kefahamannya dan daya ingat
terhadap materi yang telah diterinya. Dalam kegiatan belajar mengajar strategi
yang dapat kita aplikasikan sesuai dengan perintah dalam surat Al-‘Alaq ayat 1-5
adalah strategi inquiri. Adapun dalah satu cara yang dapat ditempuh untuk
seorang pelajar dalam mengoptimalkan strategi inquiri adalah dengan membaca.
Perintah membaca dalam surat al-‘Alaq disebutkan pada ayat pertama dan ketiga.
Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu materi
pembelajaran yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah materi tauhid,
sedangkan untuk metode yang dapat diaplikasikan adalah metode pengulangan
dan strategi yang sesuai dengan surat Al-‘Alaq adalah startegi inkuiri.
Setelah dilaksanakannya kajian-kajian tersebut maka hal-hal yang penting
untuk diperhatikan sebagai saran-saran yaitu penting bagi setiap umat muslim
untuk mengkaji dan memahami Al-Qur’an, dan penting bagi seorang pendidik
untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan serta
menentukan metode dan strategi pembelajaran terlebih dahulu agar materi dapat
tersampaikan dengan baik dan dapat mencapai target yang di harapkan. | en_US |