Implementasi Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MA An Nur Bululawang Malang
Abstract
Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MIA di MA An Nur Bululawang, pada proses pembelajaran masih bersifat konvensional, dimana guru lebih berperan aktif sementara siswa hanya sebagai pendengar. Hal ini membuat siswa mudah bosan dan jenuh, mengakibatkan rendahnya keterlibatan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi terkait perencanaan implementasi model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang, mengetahui langkah implementasi model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang, serta mengetahui dampak implementasi model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran fiqih terhadap peningkatan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, metode wawancara yakni dengan melakukan tanya jawab untuk memperoleh informasi terkait fokus dan tujuan penelitian, dan metode dokumentasi yang diperoleh melalui dokumen-dokumen dari tempat penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan implementasi model pembelajaran STAD pada mata Pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang yaitu a. Melakukan persiapan pembelajaran, model pembelajaran apa yang akan digunakan, b. Menyediakan media pembelajaran, c. Menyusun perangkat pembelajaran, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan menyesuaikan dengan model pembelajaran yang akan digunakan. (2) Langkah-langkah implementasi model pembelajaran STAD pada mata Pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang: a. Menyampaikan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran, b. Menyiapkan media pembelajaran, c. Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, d. Siswa melakukan diskusi kelompok bersama kemudian guru mengevaluasi siswa. (3) Dampak implementasi model pembelajaran STAD pada mata Pelajaran fiqih terhadap peningkatan minat belajar siswa di MA An Nur Bululawang Malang: a. Siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, b. Timbulnya minat belajar siswa, c. Meningkatnya pemahaman siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe STAD, Minat Belajar