View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Insersi Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo

Thumbnail
View/Open
Publish (2.149Mb)
Fulltext (3.575Mb)
Date
2024-07-25
Author
Shofiyatunnuriyah, Trisna Zahratus
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini meneliti Insersi Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo. Indonesia, yang berangkat dari sebuah latar belakang Indonesia sebagai negara dengan keberagaman budaya dan agama, menghadapi tantangan dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, terutama di kalangan remaja yang sering memicu konflik dan diskriminasi. Menanamkan nilai-nilai toleransi dalam Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk membentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan dan menciptakan lingkungan yang harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi telah diterapkan di SMA Taruna Dra Zulaeha. Hasil penelitian yang didapatkan melalui tiga fokus penelitian, yaitu: 1) Proses insersi karakter toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo melibatkan beberapa tahapan utama, termasuk pembentukan karakter peserta didik melalui visi, misi, dan tujuan sekolah, dukungan program-program sekolah, penggunaan Pendidikan Agama Islam sebagai pondasi, serta peran penting guru dalam memberikan pemahaman dan teladan terkait nilai-nilai toleransi; 2) Pelaksanaan insersi karakter toleransi dilakukan dengan cara menumbuhkan nilai-nilai toleransi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan sehari-hari, dan menyisipkan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tahapan yang jelas selama proses pembelajaran. Hal ini termasuk memberikan kebebasan kepada peserta didik, memberikan tugas individu dan kelompok, serta menyampaikan pesan untuk saling menghargai perbedaan; 3) Evaluasi insersi karakter toleransi dilakukan secara non-tes melalui observasi selama pembelajaran berlangsung, baik di dalam maupun di luar kelas. Observasi ini ditujukan untuk mengamati tingkah laku peserta didik terhadap guru dan sesama, baik individu maupun kelompok. Kata Kunci : Insersi, Karakter Toleransi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10268
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group